Jalan Jalan Ke Masjid Atta’ Awun Puncak Pass Bogor

Selamat Pagi kawan setia EkoEriyanah Personal Blog :D, lama tak jumpa dalam pesona semangat akhir pekan hehehe. Setelah lama kita vakum dalam dunia jalan jalan ala EkoEriyanah dan sibuk menulis curhatan dan diary singkat dalam rumah ini. Hari ini saya mau kembali mengisi Blog ini dengan tujuan awal dari pembuatannya :D Sharing Jalan Jalan heheee. Tujuan Jalan Jalan kita hari ini adalah masjid Atta’awun Puncak Pass Bogor.

masjid at ta'awun 5Nah adakah temen temen yang lum pernah ke daerah Puncak  :D, Wisata dingin di penuhi hamparan kebun teh yeng mempesona mantaps. untuk temen temen yang sudah pernah pergi ke Puncak pasti Tau Masjid yang satu ini, Masjid Megah dengan arsitektur indah bernama Masjid Atta’Awun Puncak Pass. Setiap orang yang melewati jalur jalan raya puncak Pastilah melewati sebuah masjid megah yang terlihat dari kejauhan jalan mendaki di sekitaran puncak pass. Masjid megah ini didirikan sejak 1997 yang diprakasrasi oleh R Nuriana Gubernur Jawa Barat Saat itu, sampai saat ini dikelola oleh yayasan Dharma Bakti. Masjid dengan arsitektur megah dan unik ini memiliki posisi strategis dalam penempatannya. Dikelilingi sebagian bukit menanjak dan sebagian bukit menurun hingga hamparan Kebun teh yang siap memajakan mata dengan hijaunya dauh tech yang eksotis.

masjid at ta'awun - big

Dalam sebuah kesempatan EkoEriyanah dapat mengunjingi masjid Atta’Awun Megah ini :), walaupun ini bukan kali pertama datang kesini, tapi baru kali ini dapat kesempatan jeprat jepret sebagai pengabadian moment untuk berbagi di Rumah Blog Tercinta ini hehehe. kawasan Masjid Atta’Awun Memiliki Luas tanah yang cukup besar, terdiri dah bangungan masjid, parkiran yang selalu penuh dengan kendaraan dan dikelilingi banyak penjajah dagangan di sekelilingnya. Dalam kawasan Masjid Atta’Awun juga terdapat taman taman, kolam, bahkan area khusus untuk naik ke bukit kebun teh loch dan yang lebih mengasikkan terdapat Curug Atta’Awun yang berada di belakang area masjid yang bagus dipandang.

masjid at ta'awun 2  masjid at ta'awun 4

Arsiteknya cukup unik tidak seperti masjid masjid kebanyakan, Kubah atas yang menjadi satu dengan atap menyelimuti area Bangunan masjid membuat Masjid ini tidak memiliki penutup atap dari genteng atau asbes jadi langsung Kubahnya hehehe. Hal ini juga dulu pernah kita liat di Masjid Al A’Zhom Tangerang yang mmemiliki kubah unik yang pernah menjadi Salah Satu Masjid dengan kubah terbesar di Asia tenggara. Masjid Atta’Awun memiliki desain kubah serupa namun jauh berbeda.

masjid at ta'awun - big view back

masjid at ta'awun - dalam  masjid at ta'awun 6

Area masjid dikelilingi view untuk melihat indahnya pemandangan puncak pass, Masjid ini dijadikan sebagai persinggahan para wisatawan baik dalam dan luar kota. Selain menunaikan kewajiban Shalat, pemandangan indah siap memanjakan mata kita :) dah gitu hawanya diingiiiii buuuangettt brrrrhhhrrrr. Sebelum masuk ke dalam masjid kita bisa melihat are parkiran yang luas menampung banuk kendaraan. walaupun tidak terlalu tertata rapi tapi cukup aman untuk disinggahi karena area ini sudah ada secure parkingnya loch. di samping samping parkiran masjid terdapat buanyak jajanan yang bisa kita jadikan sanpatan ataupun bekal oleh oleh untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

masjid at ta'awun - liat pemandangan 1  masjid at ta'awun - liat pemandangan 2

Parkiran Masjid Atta' Awun Puncak Pass Bogor

Parkiran Masjid Atta’ Awun Puncak Pass Bogor

Penitipan Barang di Masjid ini juga memiliki bentuk yang unik menyesuaikan dengan bangungan masjid yang ada :), gratis dan siap memberikan pelayanan maksimal loch hehehe :D, namun yang mau berinfak boleh memasukkannya pada kotak yang telah disediakan. memasukin area masjid kita bakal nyemplung dulu nich di kolam untuk membersikkan kaki dari kotoran kotoran yang menempel di perjalanan, meski kolamnya terlihat kotor tapi tenang ajah, debit airnya sudah lebh dari 2 kulah jadi suci mensucikan hehehe. jadi jangan kaget dengan rasa segar dan diginnya yang sampe ketulang kawan heheheh mantapsssss.

masjid at ta'awun - penitipan  masjid at ta'awun - masuk

banyak disediakan tempat wudhu di area dalam masjid baik untuk laki-laki (ikhwan) maupun wanitanya (akhwat) area masjid untuk laki laki dan perempuan pun terpisah dengan lantai. untuk jamaah wanita (akwat) berada di lantai 2 sementera yang laki laki (ikwan) berada dilantai dasar yang juga merupakan lantai utama masjid. Luas bangunan masjid sendiri tidak lah memiliki besar yang sangat wah sich, hanya tempatnya yang strategis saja membuat ia sangat dikenal oleh para pecinta jalan jalan puncak hehehe.

masjid at ta'awun - wudhu 1  masjid at ta'awun - wudhu 2

masjid at ta'awun - welcome

Nah lebih menarik untuk temen temen liat didalam kawasan bangungan masjid terdapat kolam kolam ikan loch hihih mempermanis suasana dan view didalamnya :), lebih dari itu terdapat sebuah curug buatan yang indah bernama Curug Atta’Awun yang berada di sisi belakang masjid Atta’ Awun. curug ini menang kental terlihat bahwa buatan karena rapi dengan bangungan pundak bertingkatnya, bukan buatan alam tapi cukup memanjakan mata melihat desiran air yang turun bertingkat tingkat tersebut.

masjid at ta'awun - kolam 2  masjid at ta'awun - kolam

masjid at ta'awun - curug big

Di area belakang masjid juga terdapat tepat untuk temen temen semua naik ke bukit teh yang masuk dalam kawasan masjid Atta’Awun  ini :). jalan menuju bukit sudah tersedia tangga cor namun saat di atas bukit hati hati dengan banyaknya pohon tech yang tak seindah terlihat dari jauh loch. tapi bener bener sungguh ndah melihat pemandangan dari atas bukit dengan dinginnya langit sore Puncak Pass heheee. masjid ini juga menyediakan aula serbaguna sepertinya diatas lantai 2. mungkin untuk temen temen yang mau nikah disono dingin dingin gimana gitu hehee.

masjid at ta'awun - tebing atas  masjid at ta'awun - aula  masjid at ta'awun - kebun tech

masjid at ta'awun - penitipan

banyak hal menarik yang bisa kita saksikan dalam masjid Atta’Awun Puncak Pass Bogor, sebagai alternative wisata religi dan alam mungkin bertafakkur di sini bisa jadi pilihan kawan :). kita hanya cukup menyurusi jalan Raya Puncak terus menuju Puncak Pass dan ke Cipanas nanti kita akan melihat masjid putih yang terlhat dari kejauhan dan ramai di kunjungi, itulah Masjid Atta’Awun.

masjid at ta'awun - curug at ta'awun 4  masjid at ta'awun - curug at ta'awun 2

masjid at ta'awun - curug at ta'awun 1

Nah sebetulnya masih banyak cerita dan pengalaman yang bisa saya sampaikan saat mampir ke masjid ini, mungkin di kesemptan lain saya coba ceritakan kembali ya hehehe. Nah semoga Review Singkat Perjalanan ke Masjid Atta’Awun Puncak Pass Bogor ini bisa bermanfaat sebagai alternatif jalan jalan sebelum liburan panjang akhir tahun kita nich. Begitu banyak cerita dan kata yang bisa terucap untuk semua dalam pengalaman kami, Salam Semangat EkoEriyanah.

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya y d(^0^) :

-          Kontes Foto Gaya Miring #LagiKO Mizone

-          Jalan Jalan Ke Telaga Warna Puncak Pass

-          Jalan Jalan Malam ke Banjir Kanal Timur

_______________________________________________________________________________

About these ads

3 gagasan untuk “Jalan Jalan Ke Masjid Atta’ Awun Puncak Pass Bogor

  1. Ping-balik: Jagalah Aku Dari Amarah | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Indahnya Pagi | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s