Menampilkan Teks Pada Edit Box – Delphi 7

Assalamualaikum, Salam Luar Biasa Temen Temen Semua. Udah Lama Gak Buka Buka Catatan Delphi Di Blog ini *hehehehe biasa menyibukkan diri dengan hal lain. Nah karena ada kesempatan buat bikin postingan kali ini ayo kita belajar lagi. Kalau kemarin kemarin udah install program Borland Delphi 7 nya udah kenalan juga sama area kerja Borland Delphi 7 nya, nah sekarang sudah waktunya kita belajar bermain coding atau membuat program aplikasi dengan bahasa borland delphi 7.  untuk Judul Kali ini kita akan membuat aplikasi sederhana yakni menampilkan Teks pada component edit box di delphi 7, Monggo Disimak sampai akhir karena ada latihan juga yang bisa temen coba di rumah.

Pertama Design Form Sebagai Berikut :

Ubah Properties Name Setiap Object Sebagai Berikut :

Berikut Listing Kodenya :

1. Klik 2 Kali Pada Frm_latihan 2 kemudian Ketikkan Code Berikut :

procedure Tfrm_latihan2.FormCreate(Sender: TObject);
begin

  edit_tanya.Text:='Belajar Delphi Susah Gak Sih ??';

end;

dari code berikut bisa kita artikan Tfrm_latihan2.formcreate berarti code dijalankan pada saat frm_latihan2 ditampilkan, jadi pada saat form jalan nanti pada edit_tanya maka akan muncul teks ‘Belajar Delphi Susah Gak Sih ??.

kemudian klik 2 kali pada button_jawab atau pada object inspector pada event click klik 2 kali.

kemudian ketikkan code berikut :

procedure TForm1.button_jawabClick(Sender: TObject);
begin

  edit_jawab.Text:='Belajar Delphi Gampang Kok';

end;

kode berikut bisa dijabarkan bahwa pada saat button_jawab diklik maka edit_jawab akan menampilkan teks ‘Belajar Delphi Gampang Kok’.

dan code yang terakhir klik 2 kali pada button_keluar kemudian ketikkan code berikut :

procedure TForm1.button_keluarClick(Sender: TObject);
begin

  close;

end;

dari code diatas bisa kita jelaskan sebagai berikut : jika button_keluar diklik maka delphi akan menjalankan code close; / keluar dari program.

berikut tampilan aplikasinya : pada saat di klik jawab maka muncuk teks pada edit jawab.

Nah mudah kan, Yups belajar delphi emang gampang Banget Kok asal ada kemauan kita pasti bisa. Nah Mungkin ini dulu yang bisa saya share untuk kali ini. untuk kedepannya kita akan coba membuat code code lain untuk materi materi lainnya.

Untuk temen temen yang mau latihan berikut saya buatkan soal latihan beserta jawabannya, tinggal di download materi Pdfnya kemudian kerjakan sesuai dengan soalnya dirumah. untuk materi menyesuaikan dengan materi yang sudah kita pelajari kali ini. berikut link downloadnya dibawah ini

Download Latihan 2 – Menampilkan Teks Pada Edit Box & Memo

Download Project Latihan 2

Nah See You Next Lesson Temen Temen Semua. Salam Luar Biasa.

Regards

Eko Wardoyo

___________________________________________________________________________

Artikel Terkait Lainnya :

– Selamat Hari Raya Idul Adha 1432 H

– Pengenalan Design Form Delphi 7 – Latihan 1

– Pengenalan Borland Delphi 7

___________________________________________________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s