Nazar Dan Doa

Assalamualaikum Chingu, Annyong Haseyo. Pagi yang Cerah nih  Sebelum menjalani aktivitas hari ini kusempatkan dulu menulis beberapa kumpulan kata bermakna *hehehehe.

Nah Kesempatan kali ini saya mencoba memaparkan sedikit mengenai Nazar dan Doa Chingu, Bagaimana Sebuah Nazar dan Doa dilakukan oleh seseorang dampaknya sampai Apa yang yang semestinya dilakukan Sebagai Seorang Muslim. *hmmm gak tau dapat dari mana ini pikiran sampe bisa mikir untuk menulisnya, tapi tak apa, Monggo DiSImak ya Chingu.

Nazar Adalah Berjanji Kepada Allah untuk melakukan suatu hal, jika apa yang ia harapkan terkabul akan tepenuhi, Sedangkah Berdoa adalah berharap kepada Allah SWT selaku Tuhan Yang Maha Esa untuk hal hal yang ingin kita harapkan. Terdapat 2 perbedaan penting dalam Nazar Dan Berdoa yang mesti temen temen ketahui nich. Perhatikan dialog berikug ini adalah Harapan seorang siswa untuk kelulusannya :

“ Ya Allah Jika Saya lulus tahun ini maka saya akan bla bla bla bla “.

Dan yang ini juga :

“ ya Allah berikan kemudahan dalam ujian saya kali ini, dan berikan kelulusan untuk saya” Amin

Nah Bisakan Temen Temen melihat perbedaan antara keduanya ?. Dalam Bernazar kita berjanji kepada Allah SWT untuk melakukan suatu hal jika yang ia harapkan terkabul. Dalam hal ini pemikiran seseorang dalam bernazar ialah jika ia berjanji demikian maka Allah SWT akan mengabulkannya karena ia punya janji dan akan melakukan hal baik jika harapannya terwujud. Percaya atau tidak itu suatu kesalahan Chingu. Tak ada larangan dalam bernazar tapi ada larangan untuk tidak menepati apa yang sudah kita janjikan. Di Saat kita bernazar maka jika harapan kita terwujud kita punyatanggung jawab untuk menunaikan janji / Nazar kita.

Dan yang lebih buruk pola pikir orang di sekitar kita semakin baik besar dan berat janji yang kita buat kepada Allah SWT maka akan semakin besarlah peluang dikabulkannya. Masya Allah – Allah bukan Manusia yang suka dijanjikan akan hal hal seperti, Allah Maha Besar, Maha Pemurah Dan Penyayang. Jika kita tak mampu menunaikannya maka kita akan berdosa karena telah termasuk orang orang yang ingkar.

Sesungguhnya Yang bisa merubah takdir bukanlah nazar Chingu Akan Tetapi Doa. Disaat engkau Berdoa, engkau meminta apa apa yang kau harapkan, Berharap kepada Allah SWT selaku zat yang maha Besar, Hanya Kepada Nya tempat dimana kita bisa mememinta dan memohon pertolongan. Dalam Berdoa Kita telah menunaikan Amalan besar yang merupakan tingkat tertinggi dari Iman. Bukankah setinggi tingginya iman adalah ucapan LaaIlaaHaIllallah yakni menyatakan tidak ada Tuhan Selain Allah. Saat kita berdoa dan menganggap hanya kepada NYA lah tempat kita bergantung dan Berserah, Bukan kan juga termasuk menjalankan Laaillaahalillah.

Kaum Muslimin dianjurkan untuk menjauhi Nazar dan Memperbanyak Doa, Karena dengan Berdoa kita tak harus membuat jalan untuk kita berbuat ingkar. Dan bukankah menjauhi hal hal yang akan membuat kita berdosa adalah baik dan dianjurkan. Bukan berarti  Nazar itu salah ya Chingu, selama kita bisa memenuhi apa yang kita janjikan tentunya tidak apa apa. Tapi yang Mesti Temen Temen ingat yang dapat merubah Tadir bukanlah Nazar Tapi ialah Doa. Dimana Saat kita menangkat tangan dan Bedoa – Maka Allah SWT akan merasa malu jika tangan hambanya turun dengan keadaan yang hampa / kosong. Sesungguhnya Setiap Doa kita pasti dikabulkan selama memenuhi syarat dikabulkannya doa, hanya berbeda beda Cara Dikabulkannya .

Nah Pesan Saya sekali lagi – Jauhilah Nazar dan Perbanyaklah berdoa Chingu. Berdoalah dengan Memohon kepada-NYA hanya Kepada-NYA. Jadikan Diri Kita Beriman Dengan Doa dan sesungguhnya Inti dari ibadah kita di Dunia adalah Doa, Wallahua’lam .

Nah itulah sedikit pemikiran yang ingin hendak disampaikan untuk hari ini Chingu, *hehehehe tetep semangat untuk Weekend ini. Tetap Mencoba memperbaiki diri sesuai dengan Resolusi tahun 2012 yang sudah dibuat dan sudah terus mengevaluasi dari review yang juga sudah saya  bahas. *hehehe agak nyeleneh ya saya hari ini /(^.^”). Tetep Simak EkoEriyanah Personal Blog ya untuk berbagai macam info berbagi dari ku *hehehehe. Nah See You Next Post Chingu, Pye Pye.

Thanks & regards

EkoEriyanah

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya Ya Chingu :

–          Ost. 49 Days – The Scarecrow – Jung Il Woo ( Lyric )

–          Kiat Menggapai Kebahagiaan

–          Dermawan

_______________________________________________________________________________

9 thoughts on “Nazar Dan Doa

  1. nazar itu bisa memberi motivasi untuk bisa lebih kuat lagi berusaha melakukan sesuatu, terutama dalam ibadah … jadi, selama kita bisa melaksanakan nazar, it;s no problem🙂

    Tapi memang lebih baik berdoa🙂
    Pencerahan di siang hari nih, Hyung🙂

    • betul tuh bang… tapi kebanyakan dari kita sebagai manusia banyak lalai dan kelemahannyaa

      kadang kalo uda tercapai walahhhh malah lupa sama nazar yang kita buat
      (¬_ ¬ *)(–˛ — º)(_ _ ✗)

      Halahhhh ( hahaha pengalaman pribadi ya mas eko \(^o^”) teman khayalan )
      sampai sekarang aja saya masih nyari nyari nazar saya dulu apa
      T.T

  2. Ping-balik: Andai Aku Jadi Penulis Dan Bos Penerbitan | ekoeriyanah

    • Setuju – bisa gaswat kalu lupa sama nazar Sendiri (*pengalaman pribadi ya mas eko /(^.^”) *sahabat khayalan ) – alah kau ikut ikut muncul aja nich (-,-“)

      Semoga Saya Bisa Terus Berdoa Dan berusaha nich Bang Falzart – Amin

  3. Ping-balik: Lapangkanlah Dada Mu | ekoeriyanah

  4. Ping-balik: Kelapangan Dada | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s