Jalani Ketidakpastian Dengan Keyakinan

Dalam diri manusia selalu terdapat 2 sisi yang saling bertolak belakang, baik itu kebaikan dan keburukan, cinta dan benci, hitam dan putih, kelembutan dan kekerasan serta Kepastian dan Ketidakpastian. Manusia selalu berputar putar dalam lingkaran arus yang ada pada 2 sisi yang saling bertolak belakang tersebut.

Ketidakpastian dalam kehidupan manusia adalah Rasa Takut akan kehidupan yang membuat dirinya terus terbelenggu dalam kecemasan akan suatu hal. Kecendrungan manusia akan terus mencari suatu hal yang pasti dalam kehidupan mereka, mencari yang lebih bisa memberikan rasa aman, tenang, dan terhindar dari yang namanya ketidakpastian dan ketakutan akan kegagalan. Contoh mudah dalam hal ini adalah terbelenggunya kita akan pekerjaan yang dimana terdapat ketidakpastian disana membuat kita terus mencoba mencari hal hal yang lebih baik. Walau ada sebagian dari kita terus bertahan dengan ketidakpastian dalam pekerjaan tersebut, karena rasa takut akan kegagalan di depan.

Sesungguhnya Rasa Takut dan kecemasan akan ketidakpastian dalam kehidupan kita senantiasa  terus ada selama kita tidak meyakini sesuatu hal yang penting. Suatu hal yang dapat merubah ketidakpastian menjadi kepastian yang sangat sangat pasti. Kalau dalam pandangan kita kehidupan adalah ketidakpastian karena ketidaktahuan diri kita akan apa apa yang terjadi kepada kita kedepan. Tapi apa demikian menurut ALLAH SWT, tidak kawan ku, Sesungguhnya hal yang menurut kita adalah hal yang tidak pasti, padahal sesungguhnya itu adalah hal yang sangat pasti menurut ALLAH SWT.

Pena Telah kering, untuk kehidupan di alam semesta. Kehidupan yang tidak kita ketahui akan bagaimana dan seperti apa, bagi ALLAH SWT adalah suatu kepastian yang sangat pasti. Hanya karena kita tidak melihat dan meyakininya rasa cemas dan takut terus hinggap dalam kehidupan kita. Dalam ketidakpastian pekerjaan misalnya. Rasa Takut yang melanda  membuat kita terus dan terus mencari akan suatu hal yang lebih baik, namun ada juga yang terus bertahan dengan ketidakpastian karena takut akan kegagalan di depan. Karena itulah banyak dari kita lebih mudah berbicara “ yang pasti pasti aja lah “, hmmm salahkah kata kata itu. Salah tapi tidak sepenuhnya adalah kesalahan.

Ketidak beranian kita dalam bertindak dan mengambil keputusan dalam suatu ketidakpastian tidak seluruhnya salah namun tidak seluruhnya betul.Tidak Sepenuhnya Betul karena kita diwajibkan dalam berusaha dan terus berusaha dalam menghapai kehidupan yang lebih baik itulah fitrah sebagai manusia. Dan tidak sepenuhnya salah karena dalam bertahan dalam ketidakpastian juga karena beberapa pertimbangan yang mungkin menjadi prioras dalam kehidupannya. Tapi jika kita meyakini bahwa ketidakpastian yang kita terima adalah kepastian yang sangat jelas dari takdir ilahi yang tertulis 10000 tahun sebelum diciptakannya manusia. Apa kita bisa menyalahkannya ? tentunya tidak kawan. Karena yang pasti kita bukan lah penentu dari apa apa yang kita dapatkan, karena tugas kita hanyalah berusaha dan berusaha yang menentukan adalah ALLAH SWT.

Tugas Kita sebagai manusia adalah terus berusaha dengan keras disertai dengan doa dan keyakinan, selebihnya adalah urusan ALLAH SWT sebagai Tuhan sekalian alam. Yakinlah kehidupan yang kita terima adalah yang terbaik untuk kita, maka Rasa Cemas dan Takut akan Tergantikan dengan Kebahagiaan yang indah dalam kehidupan kita. Jalanilah ketidakpastian ini dengan kesabaran dan keyakinan bahwa ini adalah jalan hidup yang sudah dituliskan untuk kita, jalan hidup yang sudah tertulis dan itu adalah hal terbaik untuk kita terima. Tentunya lakukan kewajiban kita dengan Ikhtiar sungguh sungguh disertai doa serta kesabaran. Maka Insya Allah ….

Dedikasi tulisan ini untuk saya pribadi agar tetap sabar dalam ketidakpastian dan terus berusaha berikhtiar dan berdoa dalam kehidupan saya… Amin

_______________________________________________________________________________

Ayo Coba LIhat juga artikel artikel menarik lainnya d(^o^”) :

–          Ost. HeartString – Even IF It’s Not Necessary – F.T Island ( Lyric )

–          Kejutan Ganda

–          5 Blog Istimewa

_______________________________________________________________________________

34 thoughts on “Jalani Ketidakpastian Dengan Keyakinan

  1. Ping-balik: Tentang Ikan « Catatan Elfarizi

  2. ketidakpastian, keyakinan, dll saling melengkapi.. jalani semuanya dg berimbang.. ketidak pastian muncul karena keyakinan menghilang dan sebaliknya

  3. ya tepat sekali itu mas~
    kita itu harus yakin dan pasti buat ngejalanin hari esok:mrgreen:

    karena sebenernya ga ada yang mesti di takutin tentang hari esok kalo kita itu selalu percaya dan yakin🙂

  4. benar sekali tulisan diatas🙂
    saya juga pernah merasakannya, namun pegangan saya selama hidup adalah selalu yakin akan kepastian Tuhan itu
    Bergantung pada yang Maha KUasa yang jiwa ini berada di genggamannya🙂

    link sudah terpasang, silahkan check di blog saya🙂

  5. Hmmm SAYA harus yakin, dan terus bergantung kepadanya sambil berusaha dengan keras ya mbak

    Oke mbak saya juga langsung pasang d(^.^”) terima kasih telah berbagi

    —- Semangat —– ƪ{^⌣^}Ʃ

  6. Ping-balik: Ost. HeartString – Even IF It’s Not Necessary – F.T Island ( Lyric ) | ekoeriyanah

  7. rasa ketidak-pastian biasanya tanda bahwa pikiran kita menjadi terlalu terikat oleh suatu tujuan. namun, jika Allah berkehendak, kita bisa berhasil meski melalui cara-cara yang tidak kita duga sebelumnya. jadi lebih baik kita terus berusaha memaksimalkan usahanya sementara membiarkan Allah menjaga tujuan/cita-cita hingga tiba saatnya diberikan kepada kita.🙂

  8. Ping-balik: Jalan Jalan Ke Taman Wisata Wiladatika | ekoeriyanah

  9. Memangnya apa yang tidak pasti sih, Bang Eko? Menurut saya, yang tidak pasti itu biasanya adalah perkiraan kita, semuanya sudah diatur, apa yang terjadi dan akan terjadi sudah diatur, tugas kita memang hanya untuk berusaha.
    Pesan yang bagus untk direnungi nih, Bang Eko.🙂

  10. Ping-balik: Mood Story – Masa Lalu | ekoeriyanah

  11. Bismillah..Subhanallah benar-benar membuat diri untuk semakin berkontemplasi dan bermuhasabah diri bang Eko..Yang penting kita selalu meyakini bahwa ALLAH SWT is always beside us..Amin Allahuma Aminn..

    Semoga AllahSWT menjadikan kita menjadi insan manusia yang senantiasa bertawka,beriman serta rasa kuat,percaya dan yakin atas kebesaran-Nya. Amin Allahuma Amin…

    Barakallah bang’
    Keep inspiring and motivating

  12. Ping-balik: Sabarlah Menunggu | ekoeriyanah

  13. Ping-balik: Chibi Chara | ekoeriyanah

  14. Ping-balik: Semoga Cepat Sembuh | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s