Kelapangan Dada

————————————————————————————————————————————–

Sebetulnya saya sedang malas nich, malas segala-galanya saya juga gak tau kenapa, bukan sedang jenuh ataupun sedang cuek sih hanya sedang malas benar benar malas. meski tau obat rasa malah adalah dilawan tetap saja saya malas ( gubrak ) hehehe oleh karena itu beberapa hari tidak bisa menulis sepatah katapun untuk rumah saya ini😦. tapi saya rindu namun malas, karena saya rindu tapi saya malas <— halah bikin pusing. sampai-sampai sahabat khayalan yang biasa menemani saya hilang entah kemana karena rasa malas saya ini (-,-) padahal beberapa hari yang lalu saya benar benar SEMANGAT. kenapa ??? kenapa ??? kenapa ??? <— begaya ayu ting ting. yah sudah lah jangan meributkan rasa malas saya intinya saya memohon maaf kepada kawan-kawan sahabat bloger jikalau saya belum bisa mampir silaturahmi atau update beberapa patah kata disini d(^o^”).

*** ( edisi curcol ) ***

————————————————————————————————————————————–

Kelapangan dada terlintas kata ini diantara kegundahan, dilema, kejenuhan, bahkan rasa resah yang sedang melanda. teringat sebuah tulisan. bagaimana sih bentuk kebahagiaan, apakah orang yang punya banyak harta bahagia ?, apakah orang yang memiliki istri yang cantik bahagia ?, apakah orang yang punya karir bagus bahagia ?, apakah orang yang memiliki gunung dan segala isinya bahagia ?. lalu ada lagi, apakah orang yang hanya menyapu pinggiran jalan tidak bahagia ?, apakah orang yang memulung sampah-sampah tidak bahagia ?, apakah orang yang tidak memiliki harta tidak bahagia ?, apakah orang yang karirnya dalam bekerja yang tidak semulus orang orang diluar sana tidak bahagia ?.

Entahlah saya juga belum menjadi orang yang punya banyak harta, istri yang cantik, karir yang bagus, dan tidak punya gunung dan segala isinya jadi tidak bisa mejawab pertanyaan apakah saya bahagia dengan itu semua. juga saya tidak merasakan orang yang banya bekerja menyapu jalanan, memulung sampah jadi tidak bisa menjawab apakah karena itu saya tidak bahagia. sebetulnya saya bisa saja menanyakannya tapi belum sempat saya tanyakan, mungkin temen temen semua bisa menjawab🙂.

Entahlah ini hanya pemikiran atau perasaan saja tidak dapat dipungkiri harta melimpah, istri cantik, karir yang bagus merupakan salah satu sarana kebahagiaan yang ada didunia. tapi sejujurnya tidak semuanya demikian, bahagia sesungguhnya bukanlah ada di harta, istri atau karir tersebut melainkan di dalam hati mereka apakah mereka merasakan kebahagiaan karena itu semua. bahkan orang kaya yang naik mercedes di jalanan pun terkadang bisa iri hanya karena seorang petani berjalan bersama istrinya dengan berpayungkan daun pisang karena hujan yang melanda.

yah itulah keadilan yang diberikan Allah SWT dalam kehidupan dunia, Semua orang bisa bahagia karena hatinya bukan karena harta tahta atau wanita-nya. karena setiap orang tentunya punya hati, lalu apa yang membedakan antara bahagia dan tidak jika semua orang punya memiliki hati. ialah kelapangan hatinya kawan, memiliki hati yang lapang merupakan kebahagiaan yang tiada tara dan tiada yang bisa mendapatkannya kecuali Allah SWT Ridho dan memberikannya kepada kita selaku mahluknya – karena dialah yang bisa membolak balikkan hati manusia.

Saat hati kita lapang cobaan dan ujian pun bisa berubah menjadi nikmat yang datang dari itu semua. pernahkan temen temen semua mendengar kisah garam dan air.

Letakkan lah segenggam garam dalam segelas air maka rasakanlah asinnya garam tersebut, tapi kau cobalah buang 1 karung garam kedalam danau maka sesungguhnya kau tak akan merasakan asinnya garam tersebut sedikitpun.

nah karena itulah hal hal yang terlihat seperti cobaan pun bisa dijalani dengan kebahagiaan🙂. makanya pertanyaan apakah seorang pasangan miskin yang tidak memiliki apa-apa apakah mereka tidak bahagia. kita tak akan mengetahuinya karena kita tidak bisa melihat sebesar apa hati mereka. besarkanlah, luaskanlah, dan dalamkanlah hatimu karena disanalah kehidupanmu yang kau rasakan sesungguhnya🙂.

nah lochhh trus apa hubungannya dengan kelapangan dada ya *hehehehe kok jadi ngomongin hati nich🙂. walahhh iya ya kok jadi ngawur saya, mungkin begini nich kawan saat kau merasakan cinta dimana kau menggambarkannya tentunya menggambarkan bentuk hati yang kita biasa sebut lophee hehehe lalu dimana letak hati / lophee itu. mungkin ini jawaban dari romeo kepada juliet :

belahlah dadaku dan kau akan melihat dirimu didalam hatiku <— di dada.

kenapa bisa begitu ya – entahlah saya juga tidak tau, ooo iya ada lagi saat kau sedang kesal dan menenangkan hatimu apa yang kau lakukan.

sabar eko sabar eko sabarrrrrrr ( sambil ngelus ngelus dada ) <— nah loh didada lagi.

mungkin karena letak jantung manusia ada didada kali ya, hahaha padahal hati lah tempat kita merasa, memang itulah ungkapan fisik untuk hati manusia. lapangkanlah dadamu maka kau akan melihat kebahagian di dalam dirimu. lapangkan lah dadamu maka kau akan membuang jauh keresahan yang ada padamu. Lapangkanlah Dada Mu maka kau akan menghadapi dengan tegar cobaan dan ujian yang menimpamu. lapangkanlah dadamu maka kau akan menerima segala sesuatu dengan syukur dan itulah jalan terbaik untukmu.

Sekarang pertanyaannya bagaimana kita melapangkan dada kita hayooo ???, tentu saja kita harus memintanya kepada sang pemilik hati yakni Allah SWT. Bertakwalah kepada NYA dengan sebenar benarnya Takwa – minta lah kelapangan dada agar engkau senantiasa kuat dalam setiap cobaan ujian yang akan membuatmu bahagia di dunia dan diakhirat. teringat akan doa Nabi Musa AS saat harus melawan kekuasaan Firaun yang sangat sangat sangat zholim.

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’

Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28)

Nah itulah temen temen semua ayo Lapangkanlah Dada Mu, dan Raihlah KebahagiaanMu. /(^.^”) mungkin itu aja sih yang mau saya sampaikan *hehehehe mohon maaf jika memang tulisan ini kurang baik dari segi isi dan pembawaannya – sesungguhnya saya masih belum mampu mengalahkan kemalasan saya /(-,-“), juga mohon maaf jika belum bisa menyempatkan kunjungan ke teman-teman semuanya. saya bukan blogger yang sombong loch ya hanya sedang malas dan saya sedang mencari cara mengatasi kemalasan itu. Salam Semangat ya untuk semuanya🙂.

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya ya d(^o^”) :

–          Ost. Dream High 2 – Painful Hope – Lee Ki Chan ( Lyric )

–          Nazar Dan Doa

–          Nasehat Seorang Ibu Untuk Anaknya [ Nasehat Nikah ]

______________________________________________________________________________

30 thoughts on “Kelapangan Dada

  1. wah..sepertinya penyakit malas tri mulai nular ya ke mas eko😛
    orang yang memiliki kelapangan hati adalah orang yang ikhlas dan sabar !

    • HAHAHAHA mbak tri bisa saja – iya nich tak tau kenapa padahal beberapa hari yang lagu saya lagi bener bener puncak rasa semangat mbak tri🙂

      harus belajar menjadi orang ikhlas dan sabar nich d(^o^”)

  2. Ping-balik: Ost. Dream High 2 – I Know You’ll be a SuperStar – Jiyeon Hyorin Ailee ( HershE ) ( Lyric ) | ekoeriyanah

  3. Kalau soal kebahagiaan itu ada di dalam hati, itu benar. Kebahagiaan itu terletak pada seberapa kita mensyukuri apa yang kita punya. Justru harta melimpah, dan lain halnya yang disebutkan di atas itu adalah pangkal kehancuran kalau kita tidak sanggup untuk mensyukurinya, jelas dikatakan pada QS. Al-Isra ayat 16 tentang pangkal kehancuran suatu kaum.🙂

  4. Ping-balik: Yakin dan Optimis atau Khawatir dan Pesimis | ekoeriyanah

  5. Ping-balik: ekoeriyanah

  6. Ping-balik: Selamat Menempuh Hidup Baru KawanKu | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s