Tugas – Belajar Pemrograman Berbasis Objek

Walahhh pada kesempatan kali ini saya mau sharing pembelajaran yang sedang saya pelajari nich yakni belajar pemrograman Berorientasi Objek atau OOP (object-oriented programming). Selain sebagai pengingat pembelajaran yang sudah di berikan juga sekalian untuk pengumpulan nilai tugas yang kali ini harus di kerjakan dan diterbitkan dalam blog pribadi /(^.^”), Untuk temen temen yang juga mau belajar monggo ikut menyimak yooo < — lets Go.

*****

1.  Konsep Pemrograman Berorientasi Objek atau OOP ( object-oriented programming ).

Apasih Program dan bedanya apa ya dengan Pemrograman, kayaknya sich sama aja dari segi bahasa dan kedengarannya <– lock kok asumsinya pendengaran ya hehee. Yuk kita bahas sedikit perbedaan antar keduanya.

Program dapat diartikan Sebagai suatu bentuk aplikasi yang sudah jadi atau lebih populernya software yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk membantu menyelesaikan suatu tugas tertentu. Sementara Bahasa Pemrograman adalah Suatu kumpulan perinta perintah yang dapat dimengerti oleh computer yang dimaksudkan dan dirancang untuk melakukan tugas tugas tertentu. Nah Bedanya dengan Pemrograman adalah Bahwa Pemrograman merupakan suatu tekhnik untuk membuat suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman sendiri dibagi menjadi 3 macam atau jenis, yakni :

–          Low Level Language ( bhasa tingkat rendah )

–          Midle Level Language ( bahasa tingkat menengah )

–          High level language ( bahasa tingkat tinggi ) ß terbagi menjadi 2 jenis

  • Pemrograman Terstruktur
  • Pemrograman Berorientasi Objeck ß bahasa kali ini.

Pemrograman Berorientasi Objeck atau OOP ( objeck-oriented programming ) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membuat suatu program berdasarkan Objek. Objek disini bisa diartikan sebagai suatu component yang saling terkait, untuk lebih mudahnya saya akan berikan mudahnya contoh objek adalah meja, bangku, papan tulis, computer. Objek objek tersebut saling terkait untuk membentuk suatu kelas Lab praktikum tapi dari sudut pandang lainnya Lab Praktikum pun bisa jadi objek bersamaanan dengan kelas-kelas lainya yang akan membentuk suatu gedung sekolah, tergantung dari sudut pandang mana sih kita melihatnya okay.

Sementara Kalau kita melihat sudut pandang bahwa objek dari Ruangan Kelas adalah Bangku, Meja, Papan Tulis dan Komputer maka Peran Ruang Kelas disini adalah sebagai Class dalam Pemrograman Berorienasi Objek. Lihat gambar berikut.

Nah lebih mudahkan memahaminya kan, Kita lanjutkan okay, dalam suatu objek ada Atribut dimana Atribut adalah suatu hal yang berkaitan atau berhubungan dengan karakteristik dari sebuah objek contoh mejanya dari kayu atau dari besi atau bentuknya yang beraneka ragam <– contoh mudah atribut. Sedangkan Method dari Ruangan Kelas yang berperan sebaga class adalah fungsi dari ruangan tersebut yang digunakan sebagai sarana belajar para mahasiswa.

Nah teori konsep Pemrograman berorientasi Objeck atau OOP ( objeck-oriented programming ) segitu saja selanjutnya kita bahas mengenai Contoh Pemrograman Dari OOP ( objeck-oriented programming ) dimana saya akan membahaskan mengenai Konsep Pemrograman Java sebagai contoh OOP ini. Karena Pemrograman Java adalah pemrograman yang sudah menggunakan Objek dalam pengelolaannya dan pastinya mudah untuk dipahami.

***

2.  Konsep Pemrograman Java.

Sebagai Peralatan pembangun teknologi java sudah menyediakan banyak tool tool seperti compiler, interpreter, penyusun document asli, paket kelas dan sebagainya. Aplikasi dengan java juga umumnya aplikasi yang serba guna dan dapat dijalankan diberbagai mesin yang memiliki java runtime environtment atau JRE ( desktop, web, mobile application ).

Berikut ini beberapa Kelebihan menggunakan Pemrograman Java :

  1. Sederhana, bahasa permrograman java mirip dengan C++ namun syntaknya sudah banyak diperbaiki sehingga sudah sanat sederhana dengan menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection, <- intinya mudah digunakan.
  2. Berorientasi Objek ( Object Oriented ), karena pembahasan kita OOP maka java termasuk didalamnya dimana dalam membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipakai kembali.
  3. Dapat didistribusikan dengan Mudah, dengan bantuan Libraries Networking yang sudah include dan terintegrasi pada java.
  4. Interpreter, java dijalankan dengan Interpreter ( java virtual Machine ) sehingga source code bisa dijalankan pada platform yang berbeda beda.
  5. Robust, Java mempunyai relibialitas yang tinggi dan kemampuan mendeteksi error yang lebih teliti di banding bahasa pemrograman lainnya.
  6. Aman, Sebagai pemrograman yang dapat digunakan untuk internet dan mudah terdistribusi, java memiliki mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi dari kerusakan computer karenanya.
  7. Architecture Neutral, merupakan platform independent cukup punya satu versi aja bisa dipake dimana mana dengan platform yang berbeda
  8. Portable, Sourcecode mudah dibawa tanpa harus ada kompilasi ulang
  9. Performace, Performance aplikasi java dapat di tingkatkan dengan kompilasi dengan java lain menggunakan just in time compilers ( JIT )
  10. Multithreader, Java dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus
  11. Dinamis, java didesain untuk lingkungan yang dinamis.

 Kita lanjutkan pada pengenalan beberapa Fitur Dari Java nich d(^o^”).

1.       Java Virtual Machine ( JVM )

Java Virtual Machine adalah mesin maya yang bekerja dengan menyerupai aplikasi pada mesin nyata. JVM menyediakan spesifikasi dan platform dimanan kompilasi java terjadi sehingga menjadikannya bebas dari platform manapun karena proses instalasinya sudah diselesaikan oleh JVM. Ekstensi Program Java adalah .java dimana pada saat kompilasi akan menghasilkan satu berkas bytecode yang berekstensi .class.

2.       Garbage Collection

Banyak  bahasa  pemrogaman  lain  yang  mengijinkan  seorang  programmer mengalokasikan memori pada saat dijalankan. Namun, setelah menggunakan alokasi memori  tersebut,  harus  terdapat  cara  untuk menempatkan  kembali  blok memori tersebut  supaya  program  lain  dapat menggunakannya. Dalam C, C++  dan  bahasa lainnya,  adalah  programmer  yang mutlak  bertanggung  jawab  akan  hal  ini. Hal  ini dapat menyulitkan bilamana programmer  tersebut alpa untuk mengembalikan blok memori sehingga menyebabkan situasi yang dikenal dengan nama memory leaks.

Program  Java  melakukan  garbage  collection  yang  berarti  program  tidak  perlu menghapus sendiri objek–objek yang  tidak digunakan  lagi. Fasilitas  ini mengurangi beban  pengelolaan memori  oleh  programmer  dan mengurangi  atau mengeliminasi sumber kesalahan terbesar yang terdapat pada bahasa yang memungkinkan alokasi dinamis.

3.       Code Security

Code  Security  terimplementasi  pada  Java  melalui  penggunaan  Java  Runtim Environment (JRE). Java menggunakan model pengamanan 3 lapis untuk melindung sistem dari untrusted Java Code.

1.  Pertama,  class-loader  menangani  pemuatan  kelas  Java  ke  runtime interpreter. Proses ini menyediakan pengamanan dengan memisahkan kelas kelas  yang  berasal  dari  local  disk  dengan  kelas–kelas  yang  diambil  dari jaringan. Hal  ini membatasi aplikasi Trojan karena kelas–kelas yang berasa dari local disk yang dimuat terlebih dahulu.

2.  Kedua,  bytecode  verifier  membaca  bytecode  sebelum  dijalankan  dan menjamin bytecode memenuhi aturan–aturan dasar bahasa Java.

3.  Ketiga, manajemen keamanan menangani keamanan tingkat aplikasi dengan mengendalikan  apakah  program  berhak  mengakses  sumber  daya  seper sistem file, port jaringan, proses eksternal dan sistem windowing.

Setelah  seluruh  proses  tersebut  selesai  dijalankan,  barulah  kode  program  dieksekusi.

Fase Bahasa Pemrograman Java

Langkah  pertama  dalam  pembuatan  sebuah  program  berbasis  Java  adalah  menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan  antara  lain  :  notepad,  vi,  emacs  dan  lain  sebagainya.  Kode  program  yang  dibuat kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java.

Setelah membuat  dan menyimpan  kode  program,  kompilasi  file  yang  berisi  kode  program  tersebut dengan menggunakan Java Compiler. Hasil dari kompilasi berupa berkas bytecode dengan ekstensi .class.

Berkas yang mengandung bytecode tersebut kemudian akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis dan platform yang digunakan.

Ringkasan Fase Dari Sebuah Program Java

untuk temen temen yang mau mendownload program java ini bisa didapat di sini : ( http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html ), 2 Hal yang harus di download dan instalasi seperti yang sudah dibahas diatas.JDK dan JREnya

Download dan Instalasi Kedua Peket Tersebut ya🙂

tapi kalau temen temen mau langsung yang bundle dalam satu kali download tinggal pilih yang Budlee editionnya :

Bundle Edition d(^o^")

~ *** ~

Waduh gak terasa udah nulis sampai 1131 kata nich heufttttt, untuk hari ini sampai disini dulu aja dech. lain waktu kita akan membahas pembelajaran java dari awal sampai akhir pembelajaran saya dikampus okay🙂. Simak Terus EkoEriyanah Personal Blog ya, See you next Post and Happy Weekend \(^o^)/.

Regards EkoEriyanah

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya ya d(^o^”) :

–          Semua Karena Cinta

–          Terbiasa

–          Bagaimana Kau Memulai Begitu Kau Mengakhiri

______________________________________________________________________________

22 thoughts on “Tugas – Belajar Pemrograman Berbasis Objek

  1. Ping-balik: Ost. Dream High 2 – Summer Night – AiLee and JR Cover ( Grease ) ( Lyric ) | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Cinta Itu ? | ekoeriyanah

    • asik apanya bang fariz – muter muter ini kepala jungkir balik hahahahaha

      enak itu si adya baru masuk uda ketemu bila aduhhh sosok bila sepertinya menyenangkan sekali ya <— kebawa fiks lagi lagi dan lagi hahahaha

      chayooooo – ditunggu beranda berikutnya ya🙂

        • wahahahahahaha

          maklum teenlit pertama yang sya ikuti, gak pernah dan gak suka baca sebelumnya – kalo lewat buku bisa bisa bintang berkeliaran diatas kepala ahahahahaha :))

          sudah makan dulu sana – trus bikin beranda lagi hahahahahah

  3. liat postingan eko…jadi minder dakuh @_@

    baru selesai sedikit…tapi bahasanya rumit dan belibet. sampe jungkir balik bacanya. hahahaha…apapun yang terjadi..semangatlah ^_^/

    • jiahhhhhh ADA APA DENGAN MU ultraman /(^.^”) baru kemaren berkata jiayooo soal cinta <– loch gak nyambung ya

      sudah semangat lah ambil saja materi materi yang ada tapi bawakan dengan bahasa mu sendiri okay d(^o^")

      happy blogging ultraman

  4. Wah, kebetulan saya lagi boomingnya nih mas, coba – coba belajar Java..🙂
    Cuma di matkul saya gak ada yang mempelajari Java, adanya hitung – hitungan melulu…🙂
    Bisa nih belajar ama mas Eko.. hihi

  5. Ping-balik: Catatanku – Fokus Sejenak | ekoeriyanah

  6. Ping-balik: Tugas – Method Dan Parameter | ekoeriyanah

  7. Ping-balik: Tugas – Method Dan Parameter « atmajaaditya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s