Tugas Latihan – Fungsi Luas Bangun (

Assalamualaikum Temen Temen Semua, Haadouhh ada tugas lagi nich untuk Materi Pembelajaran Pemrograman Berbasis Objek🙂. Kalau Kemarin Sudah saya terbitkan untuk latihan Tugas Latihan – Nilai Akhir Siswa ( Masukan & Operator Kondisi ) ternyata ada yang kelewatan tugasnya hahahahaha. Ngerjainnya malem malem jadinya linglung dah ckckkckck, ya sudah lebih baik terlambatkan dari pada tidak ngerjakan sama sekali hehehe. Semoga Ibu Guru yang Cantik dan baik hati dan senang berbagi ilmu di kampus mau menerima tugas ini dengan lapang dada <— loch. Nah Karena sekarang sudah pagi dan sudah segar bugar dan gak lagi sedang gak semangat. Soch Monggo Disimak ya Java – Fungsi Luas Bangung ( Perintah Masukan ).

***Untuk Latihan Kali ini ini kita akan belajar menggunakan perintah masukan dalam pemrograman java. Untuk Perintah Masukkan Sendiri di dalam Pemrograman Java Terdapat 3 Jenis Perintah yang semuanya bisa temen temen coba dengan kriteria dan sifatnya sendiri sendiri ya, jadi tinggal pilih mana yang menurut temen temen semua mudah dan terapkan dalam pembuatan aplikasi yang membutuhkan nilai masukkan🙂.

Berikut ini beberapa penjelasan beberapa jenis Perintah masukannya dalam Pemrograman Java.

  1. Input Stream : Sublclass Object, yang menjadi ladasan adalah untuk Class – class biasa digunakan untuk membaca data dan menampilkan ke layar. Jadi untuk Metode Input Stream ini nanti temen temen akan menambahkan acuan sebelum pembentukan Class yakni import java.io ( // import java input output)
  2. Input Bufferd Reader : Digunakan untuk membaca Arus Byte Stream dan mengkonversikan byte byte ke dalam nilai bilangan bulat yang merepresentasikan karakter-karakter Unicode. untuk Metode Input BufferdReader ini nanti temen temen akan menambahkan acuan sebelum pembentukan Class yakni Import java.io ( // import java input output ).
  3. Scanner : Digunakan Secara Ekstensif untuk memasukkan Data Dari Keyboard.tdk seperit perintah masukan lain, pada Fungsi Scanner konversi Tipe Data Tidak Dibutuhkan. Jadi Untuk Metode Input Scaaner ini nanti temen temen akan menambahkan acuan sebelum pembentukan Class yakni Import java.util ( // import Java utilisasi )

Nah Untuk Tugas Praktek Kali ni saya, kita akan membuat suatu program aplikasi yang akan membutuhkan nilai masukan untuk menentukah hasil outpunya. Aplkasi ini kita akan menghasilkan luas dari nilai bangun dari beberapa inputan yang telah kita masukkan berikut ini adalah design tampilan aplikasinya :

Langsung Aja Lihat Listing Codenya Dibawah ini ya🙂 : Untuk yang pertama kita bahas listing Code menggunakan TIpe Scanner.

import java.util.Scanner;

public class luasbangun
{

    public static void main(String arg[] )

    {
    	// buat objek dulu nich
    	Scanner masukan = new Scanner (System.in);

    	// Deklarasi Variablenya
    	Double Panjang;
    	Double Lebar;
    	Double Tinggi;

    	Double Luas_PP;
    	Double Luas_ST;
    	Double Keliling_PP;
    	Double Keliling_ST;

		System.out.println();
    	System.out.print("Silahkan Masukkan Panjang : ");
    	Panjang = masukan.nextDouble();

    	System.out.print("Silahkan Masukkan Lebar : ");
    	Lebar = masukan.nextDouble();

    	System.out.print("Silahkan Masukkan Tinggi : ");
    	Tinggi = masukan.nextDouble();

    	Luas_PP=Panjang*Lebar;
    	Luas_ST=(Panjang*Tinggi)/2;
    	Keliling_PP=(Panjang+Lebar)*2;
    	Keliling_ST=(Panjang+Tinggi+Lebar);

		System.out.println();
    	System.out.println("*************");
    	System.out.println();
    	System.out.println("Luas Persegi Panjang : "+Luas_PP);
    	System.out.println("Luas Segitiga : "+Luas_ST);
    	System.out.println("Keliling Persegi Panjang : "+Keliling_PP);
    	System.out.println("Keliling Segitiga : "+Keliling_ST);

    }

}

Nah selanjutnya temen temen bisa lihat penggunaan Fungsi BufferReader dibawah ini :

import java.io.*;

public class luasbangun
{

    public static void main(String arg[]) throws Exception

    {
    	// buat objek dulu nich
    	InputStreamReader masukan=new InputStreamReader(System.in);
    	BufferedReader masukdata=new BufferedReader(masukan);

    	// Deklarasi Variablenya
    	String panjang,lebar,tinggi;
    	Double n_panjang,n_lebar,n_tinggi,luas_pp,luas_st,keliling_pp,keliling_st;

		System.out.println();
    	System.out.print("Silahkan Masukkan Panjang : ");
    	panjang = masukdata.readLine();

    	System.out.print("Silahkan Masukkan Lebar : ");
    	lebar = masukdata.readLine();

    	System.out.print("Silahkan Masukkan Tinggi : ");
    	tinggi = masukdata.readLine();

    	n_panjang=Double.parseDouble(panjang);
    	n_lebar=Double.parseDouble(lebar);
    	n_tinggi=Double.parseDouble(tinggi);

    	luas_pp=n_panjang*n_lebar;
    	luas_st=(n_panjang*n_tinggi)/2;
    	keliling_pp=(n_panjang+n_lebar)*2;
    	keliling_st=(n_panjang+n_tinggi+n_lebar);

		System.out.println();
    	System.out.println("*************");
    	System.out.println();
    	System.out.println("Luas Persegi Panjang : "+luas_pp);
    	System.out.println("Luas Segitiga : "+luas_st);
    	System.out.println("Keliling Persegi Panjang : "+keliling_pp);
    	System.out.println("Keliling Segitiga : "+keliling_st);

    }

}

Nah Temen Temen bisa bandingkan antara ListKode Yang Pertama menggunakan Fungsi Scanner dan Listing Code yang Kedua Menggunakan Fungsi BufferedRedaer. Untuk Yang Fungsi Scanner menggunakan acuan import java.util dan tidak perlu lagi melakukan konversi data dan irit pembuatan variable namun untuk yang BufferedReader temen temen akan menggunakan acuan import java.io dan memerlukan pengkonversian data dulu dari data String ke Double dan kita memerlukan variable tambahan untuk variable yang harus kita rubah konversi tipe datanya. Namun keduanya akan menghasilkan hasil output yang sama lihat hasil tampilan aplikasinya dibawah ini🙂.

Hasil Eksekusi luasbagun

~ *** ~

Untuk Temen Temen yang mau liat sourcecodenya secara jelas untuk copy paste maka temen temen bisa lihat di pojok kanan atas listcode bisa temen temen klik yang view sourcecode untuk menampilkan codenya, perhatikan gambar berikut :

klik view sourcecode di kanan atas ( dilingkari merah )
contoh tampilan sourcecode saat sudah di klik d(^o^”)

Nah See You Next Post untuk pembelajaran Java lainnya Kawan, And Tetep Kunjungi EkoEriyanah Personal Blog yah walaupun di hari hari belakang ini saya belum update untuk materi pembelajaran java dan pemrograman delphi yang sudah saya janjikan hehehehe karena sedang tak bersemangat, mudah mudahan setelah hari ini saya mulai semangat lagi apa lagi kalau tau blog ini masuk kedalam jajaran 100 besar top Blogs versi Blog Of The Day . Salam Semangat.

Regards Eko

***

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya ya d(^o^”) :

–          Pengenalan Borland Delphi 7

–          Tugas Latihan – Nilai Akhir Siswa ( Masukan & Operator Kondisi )

–          Tugas Latihan – Segitiga Bintang dan Kalkulator ( Method Dan Parameter )

______________________________________________________________________________

12 thoughts on “Tugas Latihan – Fungsi Luas Bangun (

  1. Ping-balik: Sahabat | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Tugas Latihan – Penjualan Agen Susu | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s