Tugas Latihan – Penjualan Agen Susu

Assalamualaikum Temen Temen Semua, Haadouhh ada tugas lagi nich ya minggu ini hehee udah hari selasa besok udah masuk belajar lagi cepet amat ya waktu berjalan, baiklah hari ini saya mau membahas Tugas Lanjutan untuk Materi Pembelajaran Pemrograman Berbasis Objek🙂. Kalau Kemarin Sudah saya terbitkan untuk latihan Tugas Latihan – Fungsi Luas Bangun dan  Tugas Latihan – Nilai Akhir Siswa ( Masukan & Operator Kondisi ) nah hari ini ada lagi tugas lanjutannya. Yah Itung Itung Belajar memperlancar dan memperkaya pengentahuan bahasa coding java programming sudahlah yuk kita bahas, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk saya pribadi dan temen temen semua yang membutuhkan hehehe. Semoga tugas kali ini dapat nilai bagus bagus bagus  dan bagus dan ibu guru saya yang cantik baik dan pandai dalam mengajarkan materi dikampus <— eh gak boleh ngerayu ya dalam ngerjain tugas hehehe. Nah Temen Temen langsung aja kita bahs yooo judul yang akan kita bahas kali ini adalah Tugas Latihan – Penjualan Agen Susu dimana kita akan membahas fungsi Masukan, dan Penkondisian didalam kondisi hehehehe.

~ *** ~

Untuk Latihan Kali ini ini kita akan belajar menggunakan perintah masukan dalam pemrograman java kemarin sudah saya bahas saya ulangi lagi biar gak lupa ya. Untuk Perintah Masukkan Sendiri di dalam Pemrograman Java Terdapat 3 Jenis Perintah yang semuanya bisa temen temen coba dengan kriteria dan sifatnya sendiri sendiri ya, jadi tinggal pilih mana yang menurut temen temen semua mudah dan terapkan dalam pembuatan aplikasi yang membutuhkan nilai masukkan🙂.

Berikut ini beberapa penjelasan beberapa jenis Perintah masukannya dalam Pemrograman Java.

  1. Input Stream : Sublclass Object, yang menjadi ladasan adalah untuk Class – class biasa digunakan untuk membaca data dan menampilkan ke layar. Jadi untuk Metode Input Stream ini nanti temen temen akan menambahkan acuan sebelum pembentukan Class yakni import java.io ( // import java input output)
  2. Input Bufferd Reader : Digunakan untuk membaca Arus Byte Stream dan mengkonversikan byte byte ke dalam nilai bilangan bulat yang merepresentasikan karakter-karakter Unicode. untuk Metode Input BufferdReader ini nanti temen temen akan menambahkan acuan sebelum pembentukan Class yakni Import java.io ( // import java input output ).
  3. Scanner : Digunakan Secara Ekstensif untuk memasukkan Data Dari Keyboard.tdk seperit perintah masukan lain, pada Fungsi Scanner konversi Tipe Data Tidak Dibutuhkan. Jadi Untuk Metode Input Scaaner ini nanti temen temen akan menambahkan acuan sebelum pembentukan Class yakni Import java.util ( // import Java utilisasi )

Nah Untuk Tugas Praktek Kali ni saya, kita akan membuat suatu program aplikasi yang akan membutuhkan nilai masukan untuk menentukah hasil outputnya dimana hasil output yang akan ditampilkan akan dipengaruhi dari nilai masukan yang diinput berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan ( fungsi Percabangan / Pengkondisian ). Aplikasi kita akan menghasilkan atau menampilkan harga dari kode barang yang kita pilih dan selain kode barang nantinya juga harga dipengaruhi dari ukuran dari barang yang ingin dibeli. pokoknya nanti ada harga yang berbeda beda antara satu merk dengan merk  lainnya dan dalam satu merkpun harga berbeda jika memiliki ukuran yang berbeda untuk lebih jelasnya lihat tampilan design program nya dibawah ini.

berikut ini analogi alur program nya :

  • ada beberapa merk susu dan ukurannya yang sudah dideskripsikan dengan kode dimana susu dancow berkode inisial A, susu bendera berinisal kode B, dan susu SGM berinisial kode C.
  • Setiap Susu dengen merek tertentu memiliki 3 ukuran yang bisa dipilih yang memperngaruhi harganya yang berbeda beda. 1. ukuran kecil, 2. Ukuran Sedang, 3. Ukuran Besar.
  • kita akan nampung masukan kode merk dan kode ukurannya dan kemudian nanti system akan membaca dan menampilkan output harga yang sesuai dengan merk dan harga yang sudah ditentukan.
  • Jika sudah tampil kita akan diminta memasukkan jumlah barang yang akan dibeli dimana nanti akan menhasilkan nilai total yang harus dibayarkan oleh seorang customer.

Langsung Aja Lihat Listing Codenya Dibawah ini ya🙂 : Untuk yang pertama kita bahas listing Code menggunakan TIpe Scanner.

/**
 * @(#)penjualan_susu.java
 *
 *
 * @author
 * @version 1.00 2012/3/31
 */

import java.util.Scanner;

public class penjualan_susu
{
    public static void main(String args[])
    {
    	// membuat objek dulu ah
    	Scanner input = new Scanner(System.in);

    	// membuat Variablenya
    	String kode_susu,merk_susu;
    	double harga,ukuran_kaleng,jumlah,total_bayar;

    	System.out.println();
    	System.out.println("TOKO KELONTONG KERONCONGAN");
    	System.out.println("--------------------------");

    	System.out.println();
    	System.out.println("A. SUSU DANCOW");
    	System.out.println("   1. Ukuran Kecil");
    	System.out.println("   2. Ukuran Sedang");
    	System.out.println("   3. Ukuran Besar");
    	System.out.println("B. SUSU BENDERA");
    	System.out.println("   1. Ukuran Kecil");
    	System.out.println("   2. Ukuran Sedang");
    	System.out.println("   3. Ukuran Besar");
    	System.out.println("C. SUSU SGM");
    	System.out.println("   1. Ukuran Kecil");
    	System.out.println("   2. Ukuran Sedang");
    	System.out.println("   3. Ukuran Besar");

    	System.out.println();
    	System.out.print("Masukkan Merek Susu ( DANCOW | BENDERA | SGM ) : ");
    	kode_susu=input.nextLine();

    	if (kode_susu.equals("A"))
 			merk_susu=("DANCOW");

    	else if (kode_susu.equals("B"))
			merk_susu=("BENDERA");
		else
			merk_susu=("SGM");

		System.out.println("Merk Susu Yang Dibeli Adalah. " +merk_susu);
    	System.out.println();

    	System.out.print("Masukkan Ukuran Kaleng ( KECIL | SEDANG | BESAR ) : ");
    	ukuran_kaleng=input.nextDouble();

    	if (merk_susu.equals("DANCOW"))
    	{
    			if(ukuran_kaleng<=1)
    				harga=25000;
    			else if(ukuran_kaleng<=2)
    				harga=22000;
    			else
    				harga=18500;
    	}
    	else if (merk_susu.equals("BENDERA"))
    	{
    			if(ukuran_kaleng<=1)
    				harga=22000;
    			else if(ukuran_kaleng<=2)
    				harga=20000;
    			else
    				harga=16000;
    	}
    	else
    	{
    			if(ukuran_kaleng<=1)
    				harga=20000;
    			else if(ukuran_kaleng<=2)
    				harga=18000;
    			else
    				harga=15000;
    	}

		System.out.println("Ukuran yang dipilih adalah : " +ukuran);
		System.out.println("Harga Satuan Barang Rp. " +harga);
		System.out.println("--------------------------");

		System.out.print("Jumlah Yang Dibeli : ");
    	jumlah=input.nextDouble();

    	total_bayar=jumlah*harga;
    	System.out.println("--------------------------");

    	System.out.print("Harga Yang harus dibayarkan adalah Rp. " +total_bayar);
    }

}

Nah selanjutnya temen temen bisa perhatikan alur program dengan melihat penjelasannya secara detail dibawah ini ya hehehe :

Coding Statement line no 9

  • untuk fungsi masukan yang saya gunakan pada kesempatan kali ini adalah fungsi scanner dimana menurut saya memudahkan karena tidak perlu lagi melakukan konveri tipe data lagi hehehe. nah sebagaimana sifat Fungsi masukan Scanner maka ia akan menambahkan deklarasi import java.util // java utility di awal sebelum pembentukan classnya

Coding Statement line no 11 s/d 20

  • kita membuat aplikasi dengan nama penjualan_susu dimana class yang akan terbentuk dengan nama yang sama yakni public.class.penjualan_susu. setelah itu langkah awal kita adalah membuat objek baru untuk nilai masukan yang akan kita gunakan nanti, lihat no 16 dimana saya menggunakan fungsi Scanner (system.in). Setlah itu baru membuat variable variable yang akan kita gunakan nanti beserta dengan tipe datanya🙂.

Coding Statement line no 22 - no 39

  • selanjutnya kita membuat tampilan nilai untuk memberikan penjelasan mengenai nama toko dan merk dan ukuran kaleng. saat ini kita hanya menggunakan fungsi mengampilkan System.out dan menambilkan nilai selajutnya pada baris yang baru menggunakan fungsi Println.

Coding Statement line no 40 s/d no 53

  • Selanjutnya kita menggunakan nilai masukkan pada coding statement di line 41 dan 42, yakni menampilkan terlebih dahulu penjelasan dan menambilkan betuk masukan dengan input kode susu yang sudah kita deklarasikan pada variable awal diatas. setlah peritah masukan di lakukan enter nanti ia akan membaca dan memberikan nilai merk berdasarkan kode merknya, menggunakan fungsi percabangan dan menampilkannya setelah pemasukan nilai kodenya.

Coding Statement line no 55 s/d no 84

  • Selanjutnya kita menggunakan fungsi if bertingkat untuk mencocokkan nilai harga berdasarkan merk dan ukuran kaleng. Perhatikan pada line no 58 ada fungsi equals yang digunakan untuk menampakkan / membandingkan nilai suatu String untuk pengkodean yang bernilai string. selebihnya hampir sama dengan percabangan yang sudah kita bahas sebelumnya dituilisan ini : Tugas Latihan – Nilai Akhir Siswa ( Masukan & Operator Kondisi ).

coding statement line no 87 s/d end

  • Selanjutnya setelah keluar harga dari barang yang diminta kita akan memasukkan nilai masukan jumlah barang yang akan dibeli dimana nanati akan menghasilkan suatu nilai keluar total yang harus dibayar didapatkan dari harga barang dan jumlah barang yang akan dibeli🙂 ~~~~ selesai hehehehe.
~ *** ~
Untuk Temen Temen yang mau melihat hasil dari programnya perhatikan screen shootnya dibawah ini ya  :

Tamilan Hasil Programnya🙂 d(^o^)b

Nah Mungkin itu dulu ya kawan saya kerjain ini di waktu istirahat siang dikantor jadi masih ngantuk dan butuh istirahat juga, kapan kapan kita belajar lagi ya dan jangan lupa terut ikuti EkoEriyanah Personal blog untuk banyak pengalaman jalan jalan bagi pecinta jalan jalan, Lyric Korean Musik untuk pecinta korea dan banyak materi pembelajaran pemrograman bagi yang sedang belajar.

Untuk Temen Temen yang mau liat sourcecodenya secara jelas untuk copy paste maka temen temen bisa lihat di pojok kanan atas listcode bisa temen temen klik yang view sourcecode untuk menampilkan codenya, perhatikan gambar berikut :

klik view sourcecode di kanan atas ( dilingkari merah )
contoh tampilan sourcecode saat sudah di klik d(^o^”)

Nah See You Next Post untuk pembelajaran Java lainnya Kawan, And Tetep Kunjungi EkoEriyanah Personal Blog yah walaupun di hari hari belakang ini saya belum update untuk materi pembelajaran java dan pemrograman delphi yang sudah saya janjikan hehehehe karena sedang tak bersemangat,mudah mudahan setelah hari ini saya mulai semangat lagi apa lagi kalau tau blog ini masuk kedalam jajaran 100 besar top Blogs versi Blog Of The Day . Salam Semangat.

Regards Eko

~ *** ~

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya ya d(^o^”) :

–          Pengenalan Borland Delphi 7

–          Tugas Latihan – Nilai Akhir Siswa ( Masukan & Operator Kondisi )

–          Tugas Latihan – Segitiga Bintang dan Kalkulator ( Method Dan Parameter )

______________________________________________________________________________

18 thoughts on “Tugas Latihan – Penjualan Agen Susu

    • iya nich mbak Puch Buanyak banget tugas T_T sebelll banget – tapi gak papa dah hehehehe

      terima kasih mbak – semangat semangat semagat \(^o^\) (/^0^)/

    • hahahahah ini teh program susu <— coba jelaskan apa hubungannya teh sama susu hahahahahaha

      Thanks bang El 🙂 <– sory baru bales mumpung bisa internetan 30 Menit hihihihihi

  1. Ping-balik: Ost. The Moon Embraces The Sun – Back In Time – Lyn ( Lyric ) | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Tugas Java – Penjualan Tiket Kereta Api | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s