Delphi – Fungsi Properties untuk Component Delphi 7

Assalamualaikum Sobat Semua, Apa Kabar Hari ini ? ” Semangat kah , manyun kah, sedih kah🙂. Nah lepas dari mood mu hari ini saya mau bagi bagi materi pembelajaran Delphi lagi nich. Masih Pengenalan pengenalan lagi ya hehehe belum masuk materi Codingnya, Secara Bertahap nanti kita akan lanjutkan ke tingkatan yang lebih tinggi step by step, selangkah demi selangkah. nah kalau Kemarin kita sudah membahas Delphi – Pengenalan Design Form Delphi 7 hari ini kita akan mengenal beberapa fungsi Properties untuk komponen Delphi 7. Objeck Properties Component Delphi 7 adalah tempat dimana kita akan memberikan pengaturan pengaturan dasar dari komponen komponen pendukung Form di Delphi.


Objek Inspector Delphi untuk mengetur properties objek komponen delphi bisa kita lihat di sebelah kiri pojok bawah dari program delphi 7. Setiap Komponent penduku Form pada delphi memiliki pengaturan yang akan mengatur penamaan, tampilan, status posisii dan lain sebagainya karena itu pengaturan dalam komponen ini penting untuk diketahui bagi calon programer profesional maupun amatur atau yang mau belajar Pemrograman seperti saya😀. Nah kita akan membahas beberapa fungsi yang dasar sekali yang sering kita pakai pada pengaturan objek komponennya disini ya, namun disetiap pembelajaran nanti kita akan membahassnya juga di materi materi selanjutnya sambil belajar praktek langsung dengan codingnya🙂.

~ *** ~

>>  Properties Name ( untuk penamaan objeknya )

Properties ini merupakan pengaturan untuk penamaan suatu component. Dimana Kalau kita mau memberikan procedure untuk komponent tersebut maka nama dari componentnya akan kita tuliksan terlebih dahulu. Untuk Properties name tidak boleh menggukanan spasi untuk penamaannya jadi bisa digantti dengan garis bawah atau underscore contoh edit_nama. jadi sebelum membuat suatu list code program kita mesti memberikan nama dulu untuk setiap componentnya untuk memudahkan kita memanggil prosedur untuk component tersebut.

~ *** ~

>> Properties Caption ( untuk tampilan teksnya )

Untuk properties Caption merupakan Properties tampilan nama dari component tersebut. berbeda dengan penamaan yang akan digunakan untuk pemanggilan dan penggunaan procedure untuk caption hanya perbengaruh untuk tampilannya saja jadi kalau ada component button bisa kita berikan caption untuk button tersebut sesuai dengan fungsinya. contoh button1 diberi nama button_keluar dan untuk captionnya Keluar.

~ *** ~

>> Properties Text ( tampilan teks awal pada teks box )

Properties ini berpengaruh pada teks yang tampil dalam setiap component. misalnya ada component edit box yang pada saat tampil akan menampilkan teks edit1. maka kita bisa merubah tampilan teks tersebut pada kolom properties text sebagai tampilan awalnya mau tampil teks apa. kalau mau tanpa teks tinggal hapus tulisan pada kolom properties textnya.

~ *** ~

>> Properties Font ( Tampilan Jenis Font Pada Teks yang ditampilkan )

Pada Properties ini kita dapat mengatur tampilan teks yang muncul pada tampilan designnya. seperti Menebalkan ( bold ), memiringkan ( italic ), memberi garis bawah ( underline ), membesarkan font ( size ) atau bahkan mengganti style font itu sendiri. agar tampilan jadi lebih menarik dan bagus.

~ *** ~

untuk penggantian ini kita bisa langsung menggunakan radio box dari font tersebut atau satu persatu dari propertiesnya. untuk penggunaan font radio box kita bisa mengklik kotak kecil yang ada pada properties font. sehingga muncul tampilan berikut :

disana lengkap seperti Jenis FontStylenyaSizenya, Bahkan Warnanya yang juga diberikan sample preview dari tampilannya. b(^o^)d.

~ *** ~

>> Properties Visible ( penampilan kenampakan objeknya )

Untuk Properties ini ialah properties untuk mengatur tampilan dari component apa itu ditampilkan atau tidak. component tersebut akan ditampilkan dalam form jika bernilah visible := true. kalau kita mau menyembunyikan komponent agar tidak terlihat pada saat penampilan bisa mengganti nilai properties ini menjadi visible := false.

~ *** ~

Nah itu lah beberapa component properties dasar yang paling sering kita gunakan dalam design fotm. kita mesti memperhatikan hal hal tersebut untuk memudahkan kita dalam pembuatan program dan juga memper baiki tampilan visual dari form tersebut. untuk yang lain lainnya kita akan membahasnya di setiap materi kita selanjutnya. sambil praktek codingnya sekalian *hehehehehe.

Nah untuk saat ini itu dulu yang bisa saya share buat temen temen semua. mulai postingan besok kita sudah mulai memasuki code pembuatan programnya loch. dan nanti disetiap materi yang disampaikan akan di sertakan pdf latihan yang bisa temen temen download dan praktekkan sendiri lengkap dengan jawaban listingnya. See You Next Lesson, Salam Semangat terus ya🙂

Eko Wardoyo

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya nich Chingu :

–          Ost. The Moon Embraces The Sun – Back In Time – Lyn ( Lyric )

–          Delphi – Pengenalan Design Form Delphi 7

–          Delphi Request – Timer Hitung Mundur

_______________________________________________________________________________

9 thoughts on “Delphi – Fungsi Properties untuk Component Delphi 7

  1. Ping-balik: Ost. You Are Beautiful – Lovely Day – Park Shin Hye ( Lyric ) | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Install XAMPP di Windowx 7 | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s