Yuk Mengenal Kanker Payudara

Kanker Payudara adalah penyakit yang menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita, dan merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan dan berbahaya jika tidak benar benar ditangani dengan benari sejak dini. Kanker ini paling umum di derita oleh kaum wanita dan menjadi penyakit yang merupakan pembunuh nomor 1 ( satu ) bagi kaum wanita. Tapi taukah anda semua bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa laki-laki juga memiliki peluang terkena penyakit mengerikan ini. Walau pun ada beberapa rujukan yang mengatakan peluang tersebut adalah 1 antara 1000, namun hal tersebut tetap saja membuat kekhawatiran.

Sangat Berbahaya Jika Penyakit ini tidak benar benar ditangani secara cepat, karena penyebaran selnya yang sangat cepat hingga ujung terdekatnya adalah kematian sang penderita. Karena itu Mengetahui secara dini merupakan salah satu cara yang terefekti untuk meminimalisir resiko penderita dari serangan kanker payudara.

Untuk Penderita Kanker Payudara dini memang tidak memiliki gejala gejala yang cukup dengan dilihat dengan kasat mata. Jika sudah merasakan rasa nyeri dan terjadi pembengkakan pada sebagian payudara atau seluruhnya, iritasi kulit serta benjolan di daerah ketiak. Lebih baik kita mencoba untuk secepatnya melakukan pemeriksaan ke Dokter guna mengetahui secepatnya apa apa yang sedang terjadi. Berikut ini lebih lengkapnya tetang beberapa gejala dan ciri Kanker payudara :

  1. Terdapatnya Benjolan pada payudara anda sehingga merubah bentuk / ukuran.
  2. Kulit payudara yang berubah warna yang menjadi coklat yang tadinya merah mudah sehingga seperti kulit jeruk yang mengkerut.
  3. Puting susu yang masuk kedalam atau biasa disebut retraksi
  4. Bila tumor sudah cukup besar maka akan timbul rasa sakit yang sesekali hilang dan kembali
  5. Kulit payudara terasa seperti terbakar.
  6. Jika sudah cukup parah maka payudara akan mengeluarkan darah atau cairan yang lainnya, padahal tidak sedang masa menyusui.

Secara Khusus memang belum diketahui apa sich yang menjadi penyebab dari timbulnya Penyakit kanker payudara ini, namun beberapa ahli menyimpulkan beberapa hal resiko yang dikatikan merupakan penyebab dari kanker payudara yakni.

  1. Faktor Reproduksi, yakni terjadinya nuliparitas, mens kepanjangan pada wanita yang masih meda, terjadinya menopause dan kehamilan pertama pada wanita yang berusia tua.
  2. Penggunaan Hormon. Harvard School Of Public Health melaporkan bahwa terdapat para pengguna terapi esterogen replacement mengalami peningkatan terjadinya kanker payudara.
  3. Memiliki Penyakit Fibrokistik.
  4. Konsumesi lemak yang berlebihan.
  5. Radiasi Ionisasi yang terjadi selama atau sesudah pubertas dapat meningkatkan terjadinya resiko kanker payudara.
  6. Keluarga yang memiliki riwayat penyakit serupa

Untuk Pengobatan Kanker payudara tidaklah membutuhkan materi yang sedikit karena banyaknya step dalam pengobatan dan biasanya memiliki masa penyembuhan yang lumayan tidak sebentar. Berikit ini ada  beberapa pengobatan Kanker payudara yang dimana pelaksanaannya tergantung dari Stadium yang Kanker payudara itu sendiri.

Pembedahan

Tumer primer biasanya dihilangkan dengan proses pembedahan di daerah payudara yang memiliki sel kanker payudara. Prosedur pembedahan dilakukan pada penderita kanker payudara tergantung dari tahapan stadium penyakit, jenis tumor, umur dan kondisi kesehatan dari penderita secara umum. Ahli beda bisa mengangkat tumor ( lumpectomy) dengan mengangkat sebagian payudara yang mengandung sel kanker atau pengankatan seluruh payurdara yang biasa disebut mastectomy. Untuk mendapatkan harapan hidup, pembedahan akan diikuti dengan terapi terapi tambahan seperti radiasi, hormon ataupun kemoterapi yang memelukan biaya yang super super wah L.

Terapi radiasi

Terapi radiasi dilakukan dengan penggunan Sinar-X dengan intensitas yang tinggi dimana diharapkan dapat membunuh sel kanker yang tidak terangkat saat pembedahan.

Terapi Hormon

Terapi Hormonal dapat juga menghambat pertumbuhan tumor yang peka horman dan dapat dipakai sebagai terapi pendamping setelah pembedahan atau pada stadium akhir.

Kemoterapi

Obat kemotrapi biasanya baik digunakan pada tahap awal ataupun tahap lanjut penyakit (tidak dapat lagi dilakukan pembedahan ). Obat kemoterapi bisa dgunakan secara satuan ataupuun dilakukan kombinasi. Salah satu diantaranya adalah Capecitabine dari roche, obat anti kanker oral yang di aktivasi oleh enzim yang ada pada sel kanker sehingga hanya menyerah sel kanker saja.

Banyak sekali makanan yang dianjurkan dikonsumsi bagi penderita penyakit kanker payudara. Guna mempercepat masa penyembuhan dan dijadikan sebagai pencegah datangnya penyakit kanker payudara bagi orang orang yang belum terkena. Berikut ini berberapa makanan yang bisa anda jadikan salah satu menu untuk menghindari penyakit kanker payudara.

  1. Gandum, dalam kaitan ini kita bisa mengkonsumsi gandum dalam bentuk seeral dengan segal susu di tiap pagi hari. Setiap ½ gelas gandung itu mengandung 10 gr kebutuhan serat yang digunakan untuk menurunkan tingkat esterogen dalam tubuh yang merupakan pemicu pertumbuhan sel kankser. Para ahli memberikan pendapat bahwa tingkat estroger yang tingg dalam tubuh akan merangsang pertumbuhan kanker payudara secara cepat.
  2. Ikan Salmon dan Tuna, ini berdasarakan penelitian yang diilakukan UCLA, Amerika Serikat, di temukan bahwa para wanita di daerah sungai dan mengkonsumsi ikan tuna dan salmon setiap hari ternyata memiliki tingkat persentasi terkena kanker payudara yang sangat kecil, seperti yang kita ketahui minyak ikan memiliki zat omega-3 yang merpukan nutrisi lengkat untuk daya tahan tubuh.
  3. Wortel dan Bayam, Hmmm wanita yang tidak pernah mengkonsumsi wortel dan bayam beresiko terkena kanker payudara 2 kali lipat lebih besar loch dbanding mereka yang mengkonsumsi dua sayuran yang menyehatkan itu.
  4. Yoghurt, di beberapa penelitian digunakanlah yoghurt sebagai medium, dan diungkapkan ternyata yoghurt dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara, terutama dalam jumlah yang cukup banyak.
  5. Susu kedelai. Diperoleh fakta bahwa salah satu zat yang terkandung dalam susu kedelai MURNI ternyata dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara sebersa 28 % loch dibading pada kacang kedelai olahan ang banyak dibuat😀.
  6. Brokoli, ini nich si hijau zah hijau yang dihasilkan brokoli memiliki jumlah intensitas lebih banyak dibanding sayuran hijau lainnya. Banyak fakta yang menyebutkan bahwa brokoli merupakan makanan ampung untuk menghambat pertumbuhan Sel kanker payudara bahkan membunuh sel induknya d(^o^)b. Untuk penjelasan lebih lanjut mungkin nanti saya buat postingan tersendiri nich hehee.
  7. Pare, waduhhh ini saya dapatkan setelah searching secara teliti dan teruji loch, dengan mengkonsumsi pare kita mampu memperlambat perkembangan selkangker dengan membunuh hormon hormon esterogen yang merupakan makanan sel kankser. Rasa pahit yang dihasilkan dari pare adalah kunci yang menarik yang merupakan zat berharga dalam hal ini, ini juga nanti saya buat postingan sendiri ya hehee.
  8. Buah Apel, buah yang satu ini sangat dianjurkan bagi penderita kanker payudara dalam masa penyembuhan, dmana mengganti makan pokok mereka dengan apel. Karena penelitian membuktikan orang yang memakan apel lebih banyak memiliki resiko terkena kanker lebih kecil dibandingkan yang tidak pernah memakannnya, nanti saya bahass juga lebih lanjut.
  9. Dan banyak makanan lainnya seperti selederi, lobak, pisang raja, belimbing manis, kubis bawang putih , buncis, daun singkong, daun pepaya dan kacang panjang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak hal yang bisa dibahas dalam membahas penyakit yang satu ini. Mulai dari makanan yang tidak boleh di makan sampai hal hal baik dalam memerangi penyakit ini. Mungkin dilain tulisan saya akan menuliskannya lebih lengkap dan banyak lagi. Seperti saya janjikan dibeberapa bait tulisan diatas. (^_^).

Semoga dengan tulisan ini temen temen bisa mengenal lebih baik musuh yang bisa kita jauhi ini. Dengan begitu resiko datangnya bisa kita tendang jauh jauh. Terutama bagi kawan kawan Wanita dan tidak lupa saya mengingatkan untuk para Pria juga perlu mengetahuinya karena, penyakit ini benar benar ada pada kaum pria #serius.

Nah See You Next Post… 

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya nich Kawan :D :

–          Bingung

–          Demi Aku

–          KECEWA DENGAN THREE

_______________________________________________________________________________

17 thoughts on “Yuk Mengenal Kanker Payudara

  1. Ping-balik: Interaksi Blogger | Elfarizi

  2. intinya adlah berhati-hati dalam makanan, harus dijaga dan jangan asal, lebih baik mencegah daripada mengobati, ribet juga tuh kalo udh kena

  3. Ping-balik: Yuk BerWudhu Sebelum Tidur | ekoeriyanah

  4. Ping-balik: Menghilang dan Kehilangan | ekoeriyanah

  5. Ping-balik: Yuk Lawan Kanker Dengan Brokoli | ekoeriyanah

  6. Ping-balik: Yuk Makan Apel untuk Melawan Kanker Payudara | ekoeriyanah

  7. Ping-balik: Yuk Lawan Kanker Payudara dengan OlahRaga | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s