Yuk BerWudhu Sebelum Tidur

Assalamualaikum Kawan Semua,hari ini kita berbicara Sunnah Rasulullah SAW yang mungkin akan banyak kita bicarakan di beberapa tulisan kedepan. Kesempatan hari ini mau bicara tentang Sunnah Berwudhu sebelum Tidur. Siapakah yang tidak pernah Berwudhu, pastinya mereka mereka yang tidak mengenal Shalat ya hehee. Ada sebuah hadist yang menjelaskan Sunnahnya Berwudhu sebelum kita Tidur.

Barra’ bin Azib berkata, “Nabi Muhammad صلی الله عليه وسلم bersabda kepadaku, ‘Apabila kamu datang ke tempat tidurmu (hendak tidur), berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian kamu tidur miring pada bagian kanan kemudian ucapkanlah,

“Allahumma aslamtu [nafsii ilaika wa wajjahtu, 8/196] wajhii ilaika, wa fawwadhtu amrii ilaika, wa alja’tu zhahrii ilaika, raghbatan wa rahbatan ilaika, laa malja a wa la manjaa minka illaa ilaika. Allahumma aamantu bi kitaabikal-ladzii anzalta wa nabiyyakal-ladzii arsalta” ‘Ya Allah, aku serahkan [diriku kepada Mu dan aku hadapkan, 8/196] wajahku kepada Mu dan aku limpahkan urusanku kepada Mu, aku perlindungkan punggungku kepada Mu, karena cinta dan takut kepada Mu. Tidak ada tempat berlindung dan tempat berlari dari Mu kecuali kepada Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan dan beriman kepada Nabi-Mu yang telah Engkau utus’. ‘Jika engkau meninggal pada malammu itu, engkau (dalam satu riwayat: meninggal, 7/174) dalam fitrah, (dan jika engkau bangun pagi, engkau mendapatkan pahala], dan jadikanlah kalimat itu kata-kata yang paling akhir engkau ucapkan (sebelum tidur).'”

Al-Barra’ berkata, “Aku ulangi kalimat itu pada Nabi Muhammad صلی الله عليه وسلم Ketika aku sampai pada kalimat Allahumma aamantu bi kitaabikal-ladzi anzalta ‘Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan’, aku mengucapkan wa Rasuulika ‘dan Rasul-Mu’ (dalam satu riwayat: aku mengucapkan wa bi Rasuulikal-ladzii arsalta), maka beliau bersabda, ‘Jangan (begitu) dan (ucapkan, ‘wa nabiyyakal-ladzii arsalta’ ‘dan Nabi Mu yang Engkau utus’).”


Sumber: Ringkasan Shahih Bukhari – M. Nashiruddin Al-Albani – Gema Insani Press (HaditsWeb)

Apabila kamu datang ke tempat tidurmu (hendak tidur), berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat’ banyak hal hal kecil yang kita lupakan untuk hal ini. Masih ingatkah kita akan pesan orang tua kita saat masih anak anak sebelum tidur untuk mencuci tangan dan kaki kita. Untuk Kesehatan karena begitu banyak bakteri kotoran yang terdapat pada tangan dan kaki yang berbahaya jika mengendap lama saat kita tertidur. Demi Kebaikan hal itu Orang tua kita mengajarkan kita untuk melakukan hal itu,  Tapi 14 Abad yang lalu Rasulullah SAW telah mengajarkan kita hal yang lebih baik dari itu semua yakni Berwudhu.

Ingatlah Pesan Orang Tuamu untuk segera membersihkan gigimu dengan Sikat Gigi sebelum tidur karena saat kita tidur berjam jam akan banyak bakteri bakteri jahat yang mengendap dalam gigi jika dan berkembang biak jika tidak dibersihkan, Sadarlah Rasulullah telah mengajarkan hal yang lebih baik dari itu semua yakni Berwudhu.

Lihatlah bagaimana para wanita membersihkan wajahnya dengan berbagai masker muka yang diharapkan mampu membersihkan segala kotoran kotoran pada wajahnya. Percayalah 14 Abad yang lalu Rasulullah SAW telah mengajarkan kita hal yang lebih baik dari itu semua yakni berwudhu.

Berwudhulah disaat sebelum kita tidur karena banyak hal hal sangat penuh dengan kebaikan di dalamnya.  Sunnah adalah wahyu yang turun dari Allah dan tak ada keraguan di dalamnya, tidak seperti penelitian penelitian yang masih sering berubah dengan adanya penelitian baru yang lebih bisa diterima. Ilmu Pengetahuan membenarkan hal hal yang telah Rasulullah SAW sampaikan 14 Abad yang lalu dengan berbagai prilaku prilaku hal baikyang disarankan sebelum tidur.

Kita adalah umat Muslim yang memiliki Rasulullah yang Mencintai kita, Beliau Menyampaikan Wahyu ilahi yang merupakan tuntunan yang terbaik, maka lakukanlah apa yang menjadi Sunnahnya. Berwudhu jauh lebih baik dari pada Cuci Tangan dan Kaki, Berwudhu juga dapat menghilangkan berbagai baktei dengan berkumur berkumur, Berwudhu jauh lebih baik dari pada ratusan merk masker muka yang diyakni mampu membersihkan kotoran kotoran yang hinggap dalam wajah kita.

Masih adakah yang membuatmu ragu dengan Berwudhu sebelum tidur ^ ^. Nah Mari Budayakan Berwudhu Sebelum Tidur, karena dengannya Kita telah menjalankan Sunnah Rasulullah SAW dan juga Semua Hal Di dalam Wudhu Terbukti Memberikan Kebaikan Kebaikan yang banyak untuk diri kita.

Nah itu saja dech, lain tulisan saya akan membahas begitu banyak sunnah sunnah Rasulullah untuk keseharian agar dapat kita amalkan untuk kehidupan kita, semoga di bulan yang penuh keberkahan ini kita mampu mendapatkan sebanyak banyaknya kebaikan dalam hari hari kita, Aamiin Allahumma Aamiin.

See You Next Post….

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya nich Kawan :D :

–          Yuk Mengenal Kanker Payudara

–          Bingung

–          Demi Aku

_______________________________________________________________________________

11 thoughts on “Yuk BerWudhu Sebelum Tidur

  1. Kebiasaan yang sepertinya sepele tapi punya pahala besar kalau konsisten dikerjakan,insya Allah🙂

  2. Ping-balik: Menghilang dan Kehilangan | ekoeriyanah

  3. Ping-balik: Yuk Tidur Miring Ke Kanan | ekoeriyanah

  4. Ping-balik: Posisi Tidur dalam Islam Terbukti Baik Bagi Kesehatan | by Dedi Sukandar

  5. Ping-balik: cara tidur yang baik | apinkcaredoctor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s