Yuk Lawan Kanker Dengan Brokoli

Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk  didalam suku Kubis Kubisan atau disebut juga Brassicaceae. Asal Mula Brokoli sudah di budidayakan sejak masa Yunani Kuno yang asalnya dari daerah Laut Tengah, Dan Masuk dan Berkembang di Indonesia sekita tahun 1970an belum lama hingga sampai saat ini Populer sebagai Bahan Pangan yang di gemari. Bagian Brokoli yang dapat dimakan adalah bagian bunganya yang berwarna hijau di mana memiliki sangat banyak susunan bunga yang rapat seperti cabang bohon dengan batang yang cukup tebal. Kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan yang sangat mirip dengan kembang kol namun bedanya brokoli berwana Hijau berbeda dengan kembang kol yang berwarna Putih.

Banyak hal yang belum diketahui oleh masyarakat sekitar mengenai fungsi dan manfaat yang sangat besar dari Brokoli. Hal inilah yang akan kita jabarkan di kesempatan tulisan ini n_n. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute di Oregon State Univesity ditemukan bahwa kandungan sulforaphane yang besar dalam Brokoli sangat bermanfaat untuk zat Anti Kanker. Cara Kerja Sulforapahe Menurut Peneliti, diungkapkan dari temuan peneliti john hopkins unuiversity bahwa kandungan tersebut mampu mencegah perkembangan tumor hingga 60 %. Brokoli juga menunjukkan mampu mengurangi ukuran tumor yang tidak berkembanghingga 75 %. Banyak pula kandungan lainnya yang terkandung dalam brokoli yang bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan serat yang dikandungnya bermanfaat untuk mencegah sembelit dari gangguan pencernaan lainnya.

Senyawa kimia yang ditemukan pada Brokoli ini mentargetkan sel sel yang menjadi makanan bagi pertumbuhan yakni karsinogen, kandungan Sulforaphane yang tinggi di dalam Brokoli mampu membunuh sel sel induk kanker payudara dan mencegah perkembangan atau penyebaran penyakitnya. Setiap Tahun Di Inggris terdapat 46000 kasus untuk kanker payudara dengan kematian yang cukup besar hingga 12000. Karena perawatan kemoterapi yang belakangan ini tidak bekerja dalam melawan sel sel induk kanker sehingga membuat penyakit ini mampu timbul kembali dan bahkan menyebar ke area lainnya. Dengan mengatasi Sel induk Kanker maka diyakini sangatlah penting dalam pengotrolan perkembangan Tumor. Brokoli mengatasi Sel induk Kanker dengan memutus makanan Karsinogen dan membuatnya mati karena tidak lagi mendapat asupan makanan hehehehe.

Berikut ini lebih jelasnya mengenai manfaat besar dari Brokoli :

  1. Dapat Meningkatkan Daya Kerja Otak. Peneliti dari Royal Pharmaceutical Socety membuktikan di dalam brokoli memiliki atau mengandung senyawa yang cukup mirip dengan obat obatan alzheimer. Dimana alzheimer adalah penyakit berkurangnya ingatan yang paling sering di jumpai oleh orang orang tua yang di sebabkan beberapa enzim acetylcholineterase. Nah karena itu brokoli dibuktikan memiliki sifat anti acetylcholinesterase yang kuat hingga mampu meningkatkan daya kerja otak kita.
  2. Dapat Mengatur Tingkat Gula Darah, Di Dalam Brokoli memiliki Kandungan Chromium yang dapat mengatur Tingkat Gula Dara Kita. Hingga untuk Para Penderita Diabetes Brokoli adalah makanan yang sangat baik dan  disarankan untuk dikonsumsi.
  3. Dapat Menetralkan Zat Penyebab Kanker, Nah ini nich yang penting yang sebelumnya sudah di bahas bahwa kandungan yang terdapat pada Sulforaphan, atau zat antioksidan pada Brokoli ini mambu membantu tubuh kita dalam menghilangkan serta menetralkan karsinogenik atau makanan dan penyebab kanker di tubuh. Beberapa zat Betakarotin di dalam Brokoli pun mampu mencegak Kanker Usus Besar Dan Kanker Payudara.,Kanker Perut Kanker Rahim, Kanker Mulut, Kanker Parynx dan Kanker Lrynx.
  4. Manfaat Manfaat lainnya juga bagi tubuh dapat dijabarkan dibawah ini :
    1. Brokoli dapat mengurangi Resiko Terkena Gangguan Stroke dan Jantung.
    2. Brokoli mampu memperkecil kemungkinan dalam terbentuknya Kanker Kerongkongan ( esophagus ).
    3. Brokoli Berkhasiat pula menghancurkan perkembangan sel sel kanker secara efektif ( anti kanker ), nah sebelumnya kita pernah membahas kanker payudara, sangat dianjukan Brokoli menjadi alternatif pangan guna melawan dan mencegah pertumbungan kanker d(^_^).
    4. Brokoli memiliki Kandungan antioksidan yang sangat tepat untuk tubuh kita
    5. Brokoli juga dapat menjaga keadaan keseimbangan keadaan Usus besar kita atau biasa disebut kolon
    6. Brokoli dapat menyembuhkan Anemia juga.
    7. Brokoli pun Mampu Menurunkan Resiko Katarak untuk kita.
    8. Manfaat brokoli pun dapat memelihara Kepadatan Tulang manusia serta mencegah Kelahiran Cacat pada Bayi kita ^ ^.

Selama ini yang kita tahu bahwa brokoli adalah Sayuran-Sayuran Premium yang biasa dimakan oleh oleh kalangan atas, lantaran memang bukan sayuran yang murah meriah layaknya bayam dan yang lainnya. Namun dengan mengetahui begitu banyak manfaat yang terkandung dalam Brokoli tak heran para kalangan premium memilih Sayuran Super yang satu ini sebagai alternatik pangan merekan n_n.

Berikut ini adalah Beberapa Tips dalam Memilih Brokoli Yang Baik :

  1. Jangan Pernah Memilih Brokoli yang sudah berwarna kuning dan layu tapi pilihlah brokoli yang memiliki Warna Hijau, karena Khasiat terbesar dari brokoli di dapat dari warna hijau dari ribuan bunga hijau yang bertumpuk tersebut.
  2. Carilah Brokoli yang Hijau Dan Segar, Tidak Perlu Terlalu Besar karena yang besar justru lebih banyak batangnya dibanding bunga hijaunya. Karena pembelian brokoli melalu beratnya jadi jangan heran batan yang besar besar tersebut justru membuatnya sedikit tidak maksimal dan efisien.

Berikut ini beberapa tips sederhana dalam pengolahan Brokoli yang baik untuk mendapatkan khasiat maksimal yang terkandung didalamnya. Sebelum Diolah alangkah baiknya dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dibilang dengan air dingin untuk menghilangkn ulat ulat yang banyak hinggap di sela sela bungan brokoli. Jangan Sampai Di Rendam karena dengan memasukan Bunga Hijau brokoli di dalam Rendaman air akan banyak menghilangkan sebagian Besar Nutrisi Bermanfaat DI Dalam Brokoli.

Jangan Memasak Brokoli Terlalu lama paling tidak tidak lebih dari 5 menit agar kandungan Vitamin tidak terbuang percuma  karea Merebus Brokoli akan menghilangkan Berbagai Nutrisi penting Hingga 50% folat akan menghilang. Nah kalau temen temen senang makan sayur mentah sangatlah baik untuk memakannya mentah, tapi jika tidak masaklah dengan tepat dan tidak terlalu lama dengan air yang tidak terlalu banyak sampai tenggelam. Cara Terbaik mengolah brokoli adalah dengan Cara Di KUKUS untuk tetap mempertahankan manfaat positif dan khasiat dari sayuran ini. Kalau mau direbut jangan terlalu lama dengan air yang tidak terlalu banyak serta rebuslah dalam panci tertutup agar tidak banyak vitamin yang terbuang lewat uap yang keluar.

Untuk temen Temen semua, yuk jadikan Brokoli sebagai alternatif makanan kita mengingat begitu besar manfaat yang terkandung didalamnya, wabil khusus untuk penderita kanker Payudara atau kanker kanker lain yang disebutkan mampu di atasi dengan Sayuran Super ini. Walaupun sedikit agak mahal setidaknya memiliki hal setimpal untuk Segudang manfaat di dalamnya, Nah sayapun sudah memulai menjadikan makanan ini sebagai alternatif pangan ku loh hehehe. Nah Dilain kesempatan kita akan bahas kembali berbagai makanan super yang sangat bermanfaat ya.

See You Next Post ….

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya nich Kawan :D :

–          Menghilang dan Kehilangan

–          Yuk BerWudhu Sebelum Tidur

–          Yuk Mengenal Kanker Payudara

_______________________________________________________________________________

5 thoughts on “Yuk Lawan Kanker Dengan Brokoli

  1. Ping-balik: Yuk Mengenal Kanker Payudara | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Yuk Makan Apel untuk Melawan Kanker Payudara | ekoeriyanah

  3. Ping-balik: Yuk Lawan Kanker Payudara dengan OlahRaga | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s