Yuk Tidur Miring Ke Kanan

Assalamualaikum Kawan Semua, kita kembali bicara Sunnah Yuk… Jika Sebelumnya kita sudah berbicara mengenai Sunnah Berwudhu sebelum tidur, hari ini kita akan membahas lanjutan dari hadist tentang Sunnahnya untuk tidur Miring Ke Kanan.  Hayooo Bagaimanakah Sikap tidur temen temen semua, Terlentang kah ? Terlungkup Kah ? Miring Ke Kiri ? Miring Ke kanan ?. Wah banyak variasi tidur yang bisa kita lakukan dalam malam gelap kita, namun sebagai orang islam ada baiknya kita melihat sebuah sunnah yang mungkin mulai ditinggalkan, Hal Sederhana yang memberikan banyak sekali manfaat bagi kita karena Sunnah Adalah wahyu ALLAH SWT dimana terdapat seluruh kebaikan di dalamnya yakni Tidur dengan Miring Kekanan.

Hendaknya kita tidur dengan miring ke kanan, ini serupa dengan hadis yang lalu pernah kita bahas mengenai Sunnah Berwudhu sebelum Tidur. Barra’ bin Azib berkata, “Nabi Muhammad صلی الله عليه وسلم bersabda kepadaku,

Apabila kamu datang ke tempat tidurmu (hendak tidur), berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian kamu tidur miring pada bagian kanan’

Sabda Lainnya didasarkan sabda Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Banyak Sekali Hikmah Dibalik Sunnah Tidur Miring Ke Sebelah Kanan kita akan membahasnya hingga, nantinya temen temen mengerti akan segala manfaat yang ada dan lebih dari itu dengannya kita telah mengamalkan Sunnah Untuk Kecintaan Kita para Rasulullah صلی الله عليه وسلم, Berikut ini berberapa Hikmah yang mampu kita pahami hingga saat ini : ( Berikut Manfaat Tidur Menghadap Ke Sebelah Kanan menurut Penjelasan Medis ).

  • Tidur Miring Ke Kanan Mampu Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri.

Masih ingatkah kita tentang pembelajaran anatomi biologi dan psikologi bahwa di dalam tubuh manusia ada hal yang mampu menggerakkan semuanya, yakni Otak dan Otak itu terbagi menjadi 2 Bagian dimana yang kita kenal yakni Otak Bagian Kanan Dan otak Bagian Kiri. Kerja otak saling melengkapi dalam pola saraf dimana saat anggota tubuh bagian kanan bekerja maka otak kirilah yang mempersarafinya sebaliknya juga demikian. Dimana Setiap Harinya kita dalam aktivitas lebih dominan menggunakan anggota tubuh bagian kanan maka yang mepersarafinya adalah otak bagian kiri. karenanya dengan Tidur Miring ke sebelah tangan kan memberikan kesempatan untuk mengistirahatkan Otak Kiri sehingga keesokan harinya ia akan kembali fresh untuk melakukan aktifitas aktifitas yang dilakukan oleh anggota tubuh bagian kanan.

Dengan Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktiftas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak , asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang beresiko adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).

  • Tidur Miring Ke Kanan Dapat Mengurangi Beban Jantung.

Sebagai mana kita ketahui bahwa posisi jantung tidak berada pada tengah tengah dada melainkan agak sedikit berada di kiri. dimana jika kita tidur dengan miring ke kiri akan memberikan tekanan lebih besar kepada jantung karena tertindih paru paru kanan yang lebih besar. Namun dengan tidur miring kekanan akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk lebih lambat karena tidak ada tekanan beban yang lebih besar karena jantung akan tertumpu pada paru paru sebelah kanan, hal tersebut memberikan dampat dalam kualitas tidur yang lebih baik loh.

Karena jika kita tidur dengan posisi miring ke kiri, maka akan menyebabkan aliran curah degub jantung yang lebih keras karena darah yang masuk ke saluran atrium juga banyak di sebabkan oleh paru paru kanan yang berada diatas dan menindih jantung. hingga menyebabkan kualitas tidur yang kurang baik dan terengah engah hehe.

  • Tidur Miring Ke Kanan Juga dapat Mengistirahatkan Lambung Loch

Dari Segi medis lambung maunis itu memiliki bentuk yang seperti tabung seperti tanda Koma dengan ujung katup keluaran menuju usus yang mengarah ke kenan bawah, Kalau kita tidur dengan memiringkan ke sebelah kiri makan akan memberikan gangguan daam pengeluaran makanan yang sedang di cerna oleh lambung karena pembuangan keluaran keusus berada di sebelah atas. Sedangkan jika kita miring kesebelah kanan makan membuat makanan lebih mudah dalam proses pengosongan lambung untuk penyaluran ke Usus Usus kita. nah hayooo jangan tidur miring ke kiri yapzzz.

  • Tidur Miring Ke Kanan dapat Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.

dengan adanya pengosongan lambung secara lancar akan membuat lancarnya juga keluaran cariran empedu, dengan begitu akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. begitu pulan dengan keluaran getah bening pangkreas yang lebih meningkat saat posisi tidur kita berada ke kanan berbeda dengan miring ke kiri😀.

  • Tidur Miring Ke Kanan mampu Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.

Disaat kita tidur maka pergerakan kerja Usus akan meningkat loch, nah dengan posisi tidur sebelah kanan, pengosongan lambung lebih lancar tanpa hambatan makana perjalanan makanan yang telah dicerna dan siap diserappun akan lebih optimal, karenanya proses penyerapan giri dari makanan yang kita makan lebih bisa dioptimalkan.

  • Tidur Miring Ke Kanan dapat Merangsang buang air besar (BAB).

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas bahwa proses pengisian makanan lebih optimal dengan tidur miring ke sebela kanan. hal tersebut jgua berdampak pada proses pengisian usus besar sebelum anus karena lebih cepat penuh sehingga akan merangsang gerakan usus besar dan relakn sasi otot anus sehingga kita tak akan sulit untuk buang air besar ( BAB ) tanpa perlu minuman minuman lain untuk membantu itu semua.

  • Tidur Miring ke Kanan juga dapat Mengisitirahatkan kaki kiri kita.

Pada umumnya manusia lebih dominan dalam penggunaan anggota tubuh bagian kanan. tangan kanan kaki kanan dan lain sebagainya. begitu pula salam kerja tumpuan kaki, dengan melakukan aktifitas yang lebih pada sisi kanan maka membuat kaki bagian kiri bekerja lebih keras karena kaki kirilah yang akan menjadikan tumpuan untuk kan kana, nah dengan tidur miring ke kanan kita bisa mengistirahatkan kaki kiri kita dan akan lebih cepat dalam pengosongan vena kaki kira yang membuat rasa pegal lebih cepat menghilang.

  • Tidur Miring Ke Kanan mampu Menjaga kesehatan paru-paru.

kita juga sudah mengetahui secara umum bahwa besar paru paru kiri itu lebih kecil dari pada paru paru di bagian kanan. jika kita tidur dengan miring ke kiri akan membuat tekanan yang lebih besar para paru paru kiri, sudah lebih kecil di bebankan oleh paru paru kanan yang lebih besar, karenanya kita akan lebih terasa sesak dan terengah jika tidur miring ke kiri. dengan tidur miring ke kanan makan membuat kerja kiri lebih ringan sedangkan paru paru kanan tidak akan terlalu mendapat beban karena memang ukuran ia lebih besar.

  • Tidur Miring ke kanan dapat Menjaga saluran pernafasan

Wahhhh ini nich yang penting untuk diketahui dengan tidur miring dapat mencegah jatuhnya lidah ke pangkal saluran pernafasan, karena dengan tidur posisi terlentang mengakibatkan pernafasan akan terhalan oleh lidah kita sendiri makanya lebih sering mangap trus mendengkur kalo posisi terlentang hehehe. bahaya mendengkut untuk tubuh kita adalah kekurangannya oksigen karena terhalangnya saluran pernafasan karenanya kita terkadang akan bangung secara tiba tiba karena kehabisan oksigen untuk beberapa saat, hal tersebut tentunya akan menggagu kualitas tidur apa lagi orang yang tidur di sekitarnya hehee.

Wahhh Banyak banget kan manfaat serta hikmah yang terkandung dengan Menjalankan Sunnah Tidur Miring ke kanan. itu yang bisa kita pahami sebagai manusia tentunya Hikmah Tuhan jauh lebih banyak dari itu semua, dengan mengamalkan Sunnah tersebut kita mendapatkan segudah hal baik dan yang lebih baik dari itu semua kita telah mengamalkan Sunnah Rasullullah dan kita akan mendapatkan Cinta NYA. dengan hal hal diatas akan sangat baik jika temen temen semua memulai untuk Yuk sama sama Tidur Miring Ke Kanan. Semoga dengannya kita mendapatkan kebaikan yang sangat banyak serta mendapat Cinta Allah SWT serta Cinta Rasullnya. Nah Saya Pesan Lagi untuk temen temen untuk mencoba membiasakan untuk tidur miring kekanan ya dengan tekuk kaki sedikit untuk memperingan kerja perut🙂.

Semoga Bermanfaat ya Kawan, Saya jadikan ini pengingat untuk diri saya sendiri dan syukur syukur bermanfaat buat kita bersama…

Nah See You Next Post . . .

sumber : inspirasiislam

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya nich Kawan :D :

–          Ost. Pink Lipstick – Deep Breath – Kan Jong Wook ( Lyric )

–          Yuk Lawan Kanker Dengan Brokoli

–          Yuk BerWudhu Sebelum Tidur

_______________________________________________________________________________

4 thoughts on “Yuk Tidur Miring Ke Kanan

  1. Ping-balik: Teruntukmu Kaktus Kecil | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Posisi Tidur dalam Islam Terbukti Baik Bagi Kesehatan | by Dedi Sukandar

  3. Tulisannya diperhatikan dong, banyak salah ketik bikin bingung pembaca, informasi jadi beda maknanya.

  4. Ping-balik: cara tidur yang baik | apinkcaredoctor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s