Amarah

Malam Lalu saya gagal dalam sunnah, saya dikalahkan oleh hawa nafsu amarah, dan setan mengambil alih diriku lewat jalan tersebut. Amarah seolah memberi kekuatan yang tidak pernah kau miliki, namun juga akan menghancurkan semua yang kau miliki, dan karenanya Aku Gagal dalam sunnah😦.

Banyak hal yang dapat membuat dan memicu amarah, dan sesungguhnya orang yang kuat itu bukan orang yang bisa bergulat dengan baik tapi adalah yang mampu menahan amarahnya. Rasulullah Bersabda “Orang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat tetapi orang kuat adalah yang mampu menahan nafsu amarahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika diri kita tidak bisa mengalahkan amarah diri kita, maka amarahlah yang akan mengalahkan kita. Menjadi Seorang yang pemarah sama sekali tidaklah baik jika kita meluapkannya dengan hal hal yang tidak seharusnya. Dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘anhu, bahwa seseorang berkata kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam “berwasiatlah kepadaku”. Beliau bersabda “jangan menjadi seorang pemarah. Kemudian diulang-ulang beberapa kali. Dan beliau bersabda “janganlah menjadi orang pemarah” (HR. Bukhari).

Sunnah Nabi Muhammad SAW untuk tidak menjadi orang yang pemarah, karena amarah akan menjauhkan kita kepada Surga dan mendekatkan kita kepada neraka. Setan Senang dengan orang yang pemarah, karena Saat kita marah kita ada dalam panasnya hawa nafsu layaknya Api yang berkobar kobar.

beberapa wasiat Rasulullah saat terjadinya amarah sebagaimana dalam hadist “Jika salah seorang dari kalian marah saat berdiri, hendaknya ia duduk, kalau belum pergi amarahnya, hendaknya ia berbaring.” [HR.Ahmadno.2038]

– Meredakan Api yang menyala saat Kita berdiri dengan Duduk Dan saat Duduk dengan berbaring.

– Menyiramnya dengan air untuk mendingikan panas hawa nafsu, jika perlu berwudhu dan shalat.

Banyak keutamaan seseorang yang mampu mengendalikan amarahnya yang di sampaikan Rasulullah kepada kita. “Barangsiapa menahan amarahnya padahal mampu meluapkannya, Allah akan memanggilnya di hadapan para makhluk padahari kiamat untuk memberinya pilihan bidadari yang ia inginkan.” [HR.at-Tirmidzi no.1944]

banyak banyak berlindung kepada Allah juga termasuk beberapa hal ya yang dianjurkan untuk meredam amarah yang datang. sebagaimana dalam hadist “Dan jika setan datang menggodamu,maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar Maha Mengetahui.”

Lawanlah amarahmu kawan, kalahkan ia sebelum ia mengelahkanmu. Tiada hal kebaikan yang datang dari luapan amarah yang membabi buta. Berdoalah kepada Allah SWT untuk berlindung dari pada godaan syetan dan hawa nafsumu. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Lakukan Hal hal yang Rasulullah Wasiatkan Kepada kita untuk Duduk dan berbaring jika diperlukan Membasuh kepala dengan Air untuk Mendinginkan Panas Amarah.

Salah Segar Di Pagi Hari ya Kawan – EkoEriyanah

___________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya y d(^0^) :

–          Dance Like Agnes

–          Liburan Panjang Akhir Pekan

–          Demam Joko Wi

___________________________________________________________________________

2 thoughts on “Amarah

  1. Ping-balik: Awali Harimu Dengan Bismillah :D | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Surat Terbuka Untuk Bangsa Indonesia Dari Gaza | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s