Syarat Nikah

syarat nikahNikah adalah sesuatu yang ditunggu tunggu oleh para pemuda dan pemudi, Nikah adalah hal besar yang mampu membuat yang haram menjadi halal, yang dosa menjadi pahala dan yang musibah menjadi berkah. Nikah adalah hal yang ingin dilakukan oleh setiap orang, dan berdosa jika dalam diri manusia yang beriman ada keingingan untuk tidak ingin menikah. Karena Menikah adalah Sunnah Rasulullah SAW,   dan berdosa bagi seseorang yang menyelisihi Sunnah Rasulullah SAW.

nih ngomong ngomong soal nikah, ada gak nich temen temen yang sedang merencanakan untuk nikah ahyoo ???, atau malah sedang mempersiapkan untuk menikah hehee. Semoga Allah memudahkan jalan yang sudah temen temen sudah niatkan ya, yang penting niat yang baik dan lakukan dengan hal yang terbaik karena rasulullah bersabda “Menikahlah dengan penuh keyakinan kepada Allah dan harapan akan ridhaNya, Allah pasti akan membantu dan memberkahi.” (HR. Thabarni). Dalam hadits lain disebutkan: Tiga hal yang pasti Allah bantu, di antaranya: “Orang menikah untuk menjaga diri dari kemaksiatan.” (HR. Turmudzi dan Nasa’i).

Nah kita coba bahas mengenai Syarat Nikah yuk, dimana dengan hal hal ini Nikah menjadi Sah dan yang haram menjadi Halal Semuanya hehee, Syarat Nikah Itu ada 4 Berikut ini yang saya ulas dari ceramah agama yang sudah saya dengar berkali kali, semoga Bermanfaat.

Syarat Nikah yang pertama adalah WALI

Tidak sah pernikahan seorang wanita tanpa wali yang menikahkannya, Seorang wanita muslimah dapat menikah dengan seorang laki laki dengan izin dari seorang Walinya. Wali yang merupakan pemilik dirinya ialah Orang tua si Wanita. Orang Laki laki yang menjadi Wali seorang wanita yang palih hak adalah Ayahnya, jika tidak ada Ayahnya maka Kakek dari Ayah bahkan seorang janda pun jika ingin menikah harus dengan Wali, Ayahnya kakek dari ayah atau jika tidak ada adalah anak laki lakinya. Jika Si perempuan muslimah tersebut tidak memiliki wali maka yang berhak untuk menikahinya adalah Wali Hakim.

Syarat Nikah yang kedua adalah 2 Orang Saksi

Nikah dianggap sah jika terdapat 2 Orang Saksi yang mendampinginya. Saksi Bisa siapa saja asalkan ia beriman, Baligh dan berakal. dengan 2 Orang saksi tersebutlah Nanti Syarat yang keempat nanti bisa dikatakan Sah. Jadi jangan sekali kali nikah tanpa wali ya, nanti pernikahannya tidak sah dan hukum jika tetap menikah tanpa saksi kita akan dianggap berzina.

Syarat Nikah yang ketiga adalah Mahar

Mahar adalah pemberian dari seorang mempelah laki laki terhadap mempelai wanita yang nantinya akan menjadi Istrinya. Mahar tidak harus besar dan mahal bahkan rasulullah  bersabda,”Sebaik-baik mahar adalah mahar yang paling mudah (ringan).” (HR. al-Hakim). Nah semakin mudah mahar yang diberikan Insya Allah akan semakin barakah nich kawan. udah disiapin belum maharnya ayoooo😀.

Syarat Nikah Yang Ke Empat adalah Ijab Qabul

Dan ini adalah syarat yang terakhir yang akan merubah haram menjadi halal dalam sahnya sebuah pernikahan. Adanya Ijab Qabul atau serah terima dari seorang Wali kepada Seorang Laki Laki yang akan menjadi Suami dari mempelai Wanita. Saat Ijab Qabul dilakukan kemudian di sahkan oleh 2 orang saksi maka tanggung jawab sang wanita yang awalnya milik walinya akan berpindah kepada seorang laki laki yang bertanggung jawab untuk diri wanita tersebut. Dan saat itu Ridho allah diberikan untuk menghalalkan apa yang tadinya haram kepadanya.

~ — ~

Dengan 4 hal tersebut kita bisa melakukan pernikahan secara Agama. dan disunnahkan setelah itu adalah diramaikan untuk memberi tahu kepada semua orang bahwa sudah berlangsung pernikahan yang biasa kita sebut sebagai Walimah. dilain kesempatan kita bahas bagaimana nich adab walimah dalam islam yang insya allah bisa kita lakukan untuk mendapatkan keberkahan dalam pernikahan tersebut. Jika Niat Menikah Sudah… Tau Syaratnya Sudah… Sekarang kita bisa mempersiapkan semuanya dengan matang dan jangan sampai salah dalam melakukan sesuatu karena nikah adalah sesuatu yang kita lakukan satu kali untuk selamanya dalam kehidupan kita.

Untuk temen temen yang mau langsung denger Ceramahnya dibawah ini ya

Syarat Nikah – Ust Abdullah Shaleh Ali Hadrami 

Nah untuk temen temen yang sudah niat menikah atau yang sedang mempersiapkan menikah, berniatlah dengan yang baik dan lakukan yang terbaik agar kita mendapatkan Ridho Allah SWT dalam membina Rumah tangga kita nanti ya hehee.

Salam Semangat EkoEriyanah

___________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya y d(^0^) :

–          Kontes Foto Gaya Miring #LagiKO Mizone

–          Sudahkah Anda Tersenyum hari ini

–          Pay Out Pertama Dari ID Blog Network

___________________________________________________________________________

4 thoughts on “Syarat Nikah

  1. Ping-balik: Tips untuk yang Suka Pegel Pegel | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Saat Kehilangan Motivasi | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s