Dosa – Menghalangi Datangnya Ilmu

hina karena dosa - menghalangi ilmuAssalamulaikum kawan semua, begitu besar cobaan hidup dalam kehidupan dunia dalam meraih surga, krikil krikil dan duri duri tajam menunggu di datangi dan dipijak bagi para hamba Allah SWT yang siap bersusah sudah dalam mendekat lebih dekat ke Jalan Allah SWT dan Rasulnya Muhammad SAW. Begitu banyak dosa-dosa yang saya lakukan hingga saya merasa menjadi seorang yang hina. Hina karena dosa, itu adalah point yang ingin saya sampaikan kepada diri saya sendiri dan saya tulis pada kesempatan kali ini.

Dosa Dosa ini menghacurkan saya dalam belenggu kegelapan hingga saya kehilangan Cahaya, dan saya merasakannya secara nyata dan benar benar di depan mata. Banyak sekali dampak Dosa dalam kehidupan kita hingga jika kita tau akan hal tersebut sedikitpun kita akan takut melihat dampak besar yang siap menanti kita yang melakukannya. Pada tulisan ini saya ingin berbagi satu akibat buruk yang di dapatkan dari sebuah dosa.

Dosa mampu menghalangi datangnya Ilmu. Jelas Ilmu adalah kebaikan dan kebaikan tidak lah datang dalam kegelapan dosa dan maksiat kehidupan kita. Dosa menghalangi kita akan cahaya ilmu yang Allah siapakan untuk hambanya di Dunia. Ilmu adalah sebuah cahaya yang allah berikan kepada seorang hamba di hatinya.

Maksiat dan dosa meredupkan cahaya itu dan terlebih lebih mematikannya hingga ia tidak lagi menyala. Saya merasakannya hari ini. Hari dimana saya harus menyamaikan ilmu yang saya miliki dalam sebuah ujian sidang skripsi.  Saya kehilangan itu semua, kehilangan cahaya ilmu yang seharusnya saya sampaikan dengan baik dan yang terbaik yang bisa saya lakukan.

Tapi apa yang terjadi, aku kecewa akan semua yang keluar dari diri ini. Kecewa karena cahaya ilmu itu hilang di hari itu, cahaya ilmu itu tak berbekas karena sekelumit dosa-dosaku. Aku sadari dosa itu yang membuaku hilang akan cahaya, karena dosa itu aku gelap dalam luka dan keburukan menghinggapi dada dan membuah kebaikan dan cahaya. Dan saya akhirnya memahami satu bahwa Dosa Menghalangi Datangnya Ilmu.

Imam Besar Asy-Syafi’I suatu ketika duduk di hadapan Gurunya Imam Malik untuk membacakan sebuah kita. Dan sang guru Imam Malik Berkata

sungguh, aku melihat Allah telah menghidupkan cahaya di hatimu. Maka janganlah engkau memadamkannya dengan gelapnya maksiat.

Hingga suatu saat Imam Asy-Syafi’I mengalami kesulitan di dalam menghafalkan kitab Imam Malik selaku gurunya. Sehingga ia mengadu kepada Imam Malik gurunya (Waki’)  dan berkata.

شَكَوْتُ إِلَى وَكِيْعٍ سُوْءَ حِفْظِي      فَأَرْشَدَنِي إِلَى تَرْكِ الْمَعَاصِي

وَقَالَ اعْلَـمْ  بِأَنَّ الْعِلْـمَ نُوْرٌ       وَنُوْرُ اللهِ لاَ يُؤْتَاهُ عَــاصِ

Aku mengeluhkan kepada Waki’ buruknya hafalanku, kemudian ia membimbingku untuk meninggalkan maksiat. Ia berkata “ Ketahuilah, sesungguhnya ilmu adalah cahaya dan Cahaya Allah tidak diberikan kepada tukang maksiat”. Begitu ilmu yang pergi akan sebuah dosa dosa yang kita lakukan. Dosa menghancurkkan kehidupan. Dan kita wajib berusaha dengan yang terbaik dalam kehidun ini untuk menjauhi dosa agar cahaya datang dan menyinari kehidupan kita dan keluarga kita.

Aku minta maaf kepada semua orang yang pernah aku berdosa kepadanya. Aku Memohon ampun kepada allah atas dosa yang telah kulakukan untuk hari ini. Semoga Allah memberikan kelancaran atas Ujian Sidangku yang sudah berlalu dan memaafkanku atas dosaku yang telah aku lakukan, hingga aku lupa aku ingin berjalan dalan jalur Allah SWT dan Rasulnya.

astagfirulla

___________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya y d(^0^) :

–          Sehat Bersama Susu Bear Brand

–          Waktu Begitu Singkat

–          Selamat Datang Tahun 2013

___________________________________________________________________________

5 thoughts on “Dosa – Menghalangi Datangnya Ilmu

  1. Ping-balik: Jadi Blogger atau Programer | ekoeriyanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s