Pengenalan Borland Delphi 7

Assalamualaikum Temen Temen Semua, Salam Semangat Untuk hari ini, Wah Wah Wah ketemu lagi kita di EkoEriyanah Personal Blog. Kemaren Saya ada janji untuk pindahan rumah pembelajaran kita kesini  ya hhehehe kalau kemarin sudah mindahin prabotan pertama Instalasi Borland Delphi 7 di Window 7 ( Seven ) sekarang saya lanjutkan prabotan lainnya hehehe. materi kedua kali ini masih belum masuk pembelajaran coding programnya ya masi pengenalan dulu karena kalau kita tak kenal maka tak sayang kalau tak sayang nanti gak bertahan lama belajarnya. sok Kenalan dulu ya  Tentang Pemrograman Borland Delphi 7.0 yang akan kita gunakan untuk pembelajaran kedepan.. Monggo Disimak Temen Temen Semua.Borland Delphi 7 -> Pengenalan Awal yuk. Delphi adalah suatu bahasa pemograman ( development language ) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. keunggulan Delphi dibanding bahasa pemograman lainnya :

1. IDE ( integrated Development Environment ) yakni lingkungan aplikasi yang didalamnya terdapat menu menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.

2. mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turudan dari pascal.

3. sifatnya multi purphase yakni mudah digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi

Berikut ini yuk kita Mengenal Lembar Kerja Delphi 7 :

Untuk Membuka Program Pilih Start -> Program File  -> Borland Delphi 7 -> Delphi 7.exe

Lembar Kerja Delphi

Berikut ini adalah Bagian Bagian dari Lembar Kerja Delphi, Berikut Penjabarannya :

1. Object Tree View -> diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis komponen kompenen dalam project program. meliputi FormModulFrame yang sesuai dengan penempatannya.

Jendela Object Tree View

2. Object Inspector -> Merupakan jendela yang digunakan guna mengatur tampilan komponen pada form, seperti menulisan tampilan Caption, Penamaan dari suatu komponent. Object Inspector secara umum terbagi menjadi 2 tab, Yakni :

Object Properties yang digunakan untuk mengatur tampilan dalam suatu komponen baik itu nama, warna, font, border dan lain sebagainya.

Jendela Object Inspektor Properties

Object Event yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari perintah-perintah coding yang kita buat didalam komponent, agar berjalan seperti yang kita inginkan.

Jendela Object Inspector Event

 3. Form Designer -> Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang suatu tampilan aplikasi program yang dapat dimasukkan komponen komponent pallete.

Tampilan Form Designer

4. Component Pallete -> Merupakan Kumpulan Icon yang Digunakan untuk merancang suatu aplikasi, dimana mereka akan membentuk suatu interface sebuah aplikasi. Dalam Setiap komponen Pallete semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Berikut Beberapa Fungsi Dari Suatu Pallete Standart :

Component dan Fungsi Pallete

5. Code Editor -> Bagian dari Delphi yang kita gunakan dalam penulisan Kode Program. Pada bagian Code Editor terdapat 3 bagian tama yakni = bagian paling kiri yang berupa angka menunjukan baris dan kolom dan keterangan modified menunjukan bahwa telah terjadi modifikasi terhadap baris program. dan yang paling kanan menunjukkan tentang tombol insert atau overwrite.

Tampilan Jendela Unit.

Nah itulah beberapa komponen dari Borland Delphi nich, Sederhana kan kita tinggal memperbanyak praktek praktek dalam penggunaan delphi ini jika kita sudah mengetahui beberapa component standar yang akan kita temui nanti dalam pembuatan aplikasi Delphi. Nah pindahan kedua sudah sukses tetap ditunggu materi pindahan selanjutnya ya dan juga materi materi terbaru dari borland delphi yang akan saya lanjutkan di EkoEriyanah Personal Blog, Untuk yang mau mampir di rumah saya Catatan Eko monggo hanya mungkin udah lama gak update hehehehe tapi untuk materi delphi dasar disana lumayan karena disini belum dipindahin semuanya ( satu satu aja biar gak cape hehehe ). Nah untuk materi selanjutnya kita akan mulai praktek dan latihan latihan terus nich sambil mengenal bahasa bahasa coding dari delphi.

Thanks & Regads.

Eko Wardoyo

_______________________________________________________________________________

Simak Juga Artikel Menarik lainnya ya Kawan d(^o^”) :

–          Blog Of the Day

–          Delphi Request – Play Sound Wave

–          Instalasi Borland Delphi 7 di Window 7 ( Seven )

_______________________________________________________________________________

13 thoughts on “Pengenalan Borland Delphi 7

  1. Ping-balik: Tugas Latihan – Fungsi Luas Bangun ( | ekoeriyanah

  2. Ping-balik: Delphi Request – Timer Hitung Mundur | ekoeriyanah

  3. Ping-balik: Tugas Latihan – Penjualan Agen Susu | ekoeriyanah

  4. kok g skalian sma pnulisan programnya juga sih?
    soalnya d sini masih ada yg bingung nih, untuk pnulisan program pd aplikasi Groupbox sama Radiobutton, barangkali ada yg tau, sukur2 lengkah smuanya ada ya monggo saya trima, he he h e
    :>

  5. Terima kasih udah berbagi ilmu….sy skg sedang praktek pemrograman menggunakan Borland Delphi 7 Enterprise…bs ga berbagi lg lbh detail cara kita menggunakanya.thx

  6. maaf kalo sebelumny comment saya kurang jelas maksud saya ingin membuat interface menggunakan delphi 7 , tp pemogramanny saya masih bingung ada yang memakai iopout32.dll dan hwinterface.ocx . kebetulan saya memakai OS windows 7 masih belum menemukan referensi nya….

    kalo boleh sharing” ni mas , terima kasih sebelumnya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s